close
SPORT

Sekjen PSSI Upayakan Juara Liga 1 2019 Langsung Lolos ke Liga Champions Asia

IMG_20190527_221626

JAKARTA, Kompasmadura.com – Sekjen Ratu Tisha Destria mengaku pihaknya tengah berupaya agar juara shopee Liga 1 2019 bisa langsung lolos ke fase grup Liga Champions Asia 2020. Hal ini dikarenakan adanya gelaran Piala Indonesia.

Ya, juara dari ajang Piala Indonesia memang telah diputuskan akan menjadi wakil Indonesia di Piala AFC. Di mana pada musim ini, PSM Makassar keluar sebagai juara dan akan mengisi slot Indonesia di Piala AFC 2020.

Namun dua musim terakhir, Indonesia sendiri tidak mendapat jatah tiket langsung lolos ke fase grup Liga Champions Asia. Juara Liga 1 harus melalui babak kualifikasi lebih dahulu jika ingin masuk ke fase grup Liga Champions Asia.

Dalam dua kesempatan tersebut, wakil Indonesia selalu gagal di babak kualifikasi. Bali United pada 2017 dan Persija Jakarta tahun lalu gagal di fase kualifikasi, dan akhirnya harus puas hanya berlaga di Piala AFC.

“Piala Indonesia akan menjadi agenda rutin PSSI karena kami sudah mendaftarkan sang juara Piala Indonesia kepada AFC,” ucap Ratu Tisha.

“Di mana nantinya wakil Indonesia yang dari Piala Indonesia akan berlaga di Piala AFC 2020. Lalu yang juara dari Liga 1 nantinya akan bermain di Liga Champions Asia. Ya, kami upayakan lolos langsung ke fase grup,” terangnya.

Sementara itu, Piala Indonesia edisi berikutnya rencananya akan kembali digulirkan pada Desember 2019. Saat ini, PSSI tengah menggodok persiapan untuk cup competition yang akan diikuti klub-klub dari tiga strata kompetisi Tanah Air tersebut.

Sementara PSSI berharap Piala Indonesia berikutnya bisa selesai sebelum bergulirnya agenda penting Timnas Indonesia, yakni Piala AFF 2020.[Rie/red]

Tags : Sekjen PSSI