close
SUMENEP

Disparbudpora Sumenep Fokus Lestarikan Budaya Di Kepulauan

IMG_20190509_204028
Kepala Disparbudpora Sumenep, Carto, saat di temui di kantornya.

SUMENEP, Kompasmadura.com – Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep terus berupaya lestarikan budaya Madura khususnya Sumenep secara merata. Seperti program yang telah dicanangkan tahun 2019 ini.

Kepala Disparbudpora yang baru di lantik, Carto, ini telah mempunyai konsep dasar dalam menjaga eksistensi budaya leluhur Sumenep untuk tetap lestari. Tidak hanya didaratan saja, Pihaknya telah bekerjasama dengan beberapa instansi terkait dalam menampung segala budaya yang ada di darat maupun di Kepulauan.

“Kami telah mengkonsep dan bekerjasama dengan beberapa instansi, salah satu contohnya Dinas Pendidikan Sumenep, dalam pengembangan bahasa yang ada di Madura sendiri. Tentunya sampel tersebut kita tahu dulu,” ungkapnya, Jumat (10/5/2019).

Pihaknya juga menargetkan bahwa bagian Kepulauan akan menjadi tujuan utama dalam pelestarian berbagai macam budaya yang ada Kabupaten Sumenep.

“Kepulauan memang menjadi target kami dalam mengetahui apa saja yang ada di kawasan sana. Karena jujur saja, Kepulauan ini sangat minim untuk mengekspose budaya yang dimilikinya,” ujarnya.

Mantan Asisten Pemerintahan Kabupaten Sumenep ini juga menjelaskan bahwa, Sumenep sangat banyak memiliki beragam aneka budaya. Pihaknya tidak ingin masyarakat membawa budaya orang lain di kotanya tersebut.

“Kepulauan di Sumenep ini sangat banyak, namun masih sedikit masyarakat yang tahu akan budayanya sendiri. Dari pada kita membawa orang lain lebih baik kita lestarikan budaya kita sendiri,” katanya.

Selain itu, sambung Carto, dalam pelestarian budaya di Kepulauan tersebut harusnya lebih banyak lagi kaum pemikir menulis sejarah peradaban budaya di Kepulauan itu sendiri.

“Kita akan terus berupaya untuk budaya yang ada di Kepulauan ini bisa terlihat, misalkan dengan menerbitkan buku tentang bahasa bajo, bahasa kangean, dan lainnya. Sehingga masyarakat daratan juga tahu, ini loh budaya Sumenep,” sambungnya.

Carto juga berharap kedepan kebudayaan di Kepulauan Sumenep sudah dapat terekspose ke masyarakat luas, bahkan sampai manca negara.

“Secepatnya kita akan awali perberdayaan ini dengan pelestarian budaya khususnya yang ada di beberapa pulau Sumenep,” tutupnya. [Hend/Nin]

Tags : Disparbudpora