close
SPORT

Timnas Indonesia Gagal Tampil di Piala Asia U-23 2020

IMG_20190324_222005
Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam (Foto: AFF)

HANOI, Kompasmadura.com – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 tumbang dengan skor tipis 0-1 dari Vietnam di babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Bahkan gol kemenangan Vietnam tersebut dicetak di menit-menit akhir pertandingan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Timnas Indonesia U-23 yang berusaha mengincar kemenangan di laga kontra Vietnam itu memang tampak kesulitan. Bahkan disaat laga baru berjalan, Vietnam justru menjadi tim yang pertama kali mampu mendapatkan peluang.

Vietnam masih terus mengurung pertahanan Timnas Indonesia U-23, namun perlahan Osvaldo Haay dan kawan-kawan mampu keluar dari serangan tersebut dan justru melakukan serangan balik yang cukup berbahaya. Namun lagi-lagi peluang yang tercipta itu selalu gagal dihentikan oleh para pemain Vietnam.

Peluang terbesar Timnas Indonesia U-23 mungkin terjadi di menit ke-30. Bermula dari tendangan bebas, Luthfi Kamal, yang dipercayai menendang bola tersebut hampir merobek jala gawang Vietnam. Akan tetapi tendangan keras Luthfi itu mampu dihentikan kiper Vietnam, Tien Dung.

Babak pertama pun berakhir dengan skor 0-0.

Babak Kedua:

Memasuki babak kedua, Indonesia mencoba tampil lebih menekan. Maklum saja, pasalnya kemenangan adalah harga mati bagi Indonesia untuk bisa berlaga di Piala Asia U-23 2020. Pada menit ke-54, Indonesia mendapat peluang emas untuk bisa mencetak gol kala Egy Maulana Vikri melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Sayangnya, kiper Vietnam masih bisa menepisnya.

Di sisi lain, Vietnam juga tidak tampil pasif. Pada menit ke-64 Vietnam memperoleh kesempatan yang cukup bagus. Setelah mengepung wilayah pertahanan Indonesia, Tran Dinh melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti Indonesia begitu mendapat celah. Akan tetapi, bola masih melambung di atas mistar gawang Indonesia.

Upaya Indonesia untuk bisa mencuri gol masih menemui jalan buntu. Pasalnya Garuda Muda kesulitan untuk bisa mengembangkan permainan, utamanya ketika memasuki sepertiga terakhir wilayah Vietnam. Seperti yang terjadi di menit ke-78 kala kombinasi yang diperagakan Gian Zola, Egy, dan Firza masih bisa dipatahkan lini pertahanan Vietnam.

Kendati begitu, hal serupa juga menimpa Vietnam yang mengalami kesulitan menembus pertahanan Indonesia. Hasilnya, Vietnam pun mencoba membuka skor melalui sepakan dari jarak yang cukup jauh. Di menit ke-81, Trieu Viet melesakkan tendangan, namun lagi-lagi masih melambung dan menghasilkan tendangan gawang untuk Indonesia.

Vietnam menit-menit akhir pertandingan lebih menekan, Hasilnya, di menit 90+4, Vietnam pun memecah kebuntuan. Berawal dari eksekusi tendangan sudut, bola yang mengudara di atas kotak penalti Indonesia lekas disundul Trieu Viet Hung dan menggetarkan jala gawang Indonesia.

Sedangkan gol tersebut sekaligus mengakhiri pertandingan dengan skor 1-0 untuk kemenangan Vietnam atas Indonesia.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-23: Satria Tama, Nurhidayat, Bagas Adi (C), Asnawi, Firza, M. Luthfi, Sani Fauzi, Egy, Witan, Osvaldo Haay, Marinus.

Cadangan: M. Riyandi, Andy Setyo, M. Rafi, Dimas Drajad, Awan Setho, Rian, Saddil, Christianson, Freddyan, Gian Zola, Hanif, I Kadek Agung.

Timnas Vietnam U-23: Tien Dung, Do Tnanh, Huynh Tan, Ho Tan, Doan Van, Nguyen Tnanh, Trieu Viet, Truong Van, Nguyen Hoang, Nguyen Quang Hai (C), Ha Duc.

Cadangan: Bui Dung, Tran Tnanh, Le Xuan Tu, Dinh Tnanh, Nguyen Van, Tran Danh, Nguyen Duc, Mac Duc, Le Van, Tran Dinh, Phan Van, Nguyen Van.

(Rie)

Tags : Timnas Indonesia U-23Vietnam