close
PENDIDIKAN

Benahi Pelayanan Lebih Maksimal, Disdik Sumenep Rancang Si Mantap

IMG_20190314_143429
Ruangan Si Mantap Dinas Pendidikan Sumenep, dan Masyarakat Yang Sedang Melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Foto : Hend/kompasmadura.com

SUMENEP, Kompasmadura.com – Untuk menambahkan pelayanan yang mumpuni dan berbasis tertib administrasi serta kepuasan pada masyarakat, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus berinovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan. Salah satunya melalui Sistem Informasi Pelayanan Pendidikan Terpadu atau disingkat Si Mantap. Kamis, (14/03/2019).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Sumenep, Muhammad Saidi menuturkan bahwa, salah satu kegunaan Si Mantap ialah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Karena semua pelayanan pendidikan ke depan akan dipusatkan di ruang Si Mantap, sebelah timur kantor Disdik tersebut.

“Untuk memberikan layanan yang maksimal kepada pengguna pendidikan, jadi masyarakat pengguna itu enak dengan adanya Si Mantap, dan Si Mantap itu mempermudah mempercepat segala urusan dari pada yang kemarin,” tuturnya kepada media ini.

Selain itu, pihaknya juga menegaskan semua layananan terpusat terlebih dahulu di Si Mantap sebelum nanti ditemukan layanan apa yang akan dilakukan.

“Jadi misalkan sekarang legalisasi ijasah, dalam hitungan menit, maksimal lima menit, sudah terjawab dan bisa ditunggu prosesnya,” terangnya.

Ditanya soal kapan berjalannya pelayanan Si Mantap di kantor Disdik tersebut, Saidi, menjelaskan sudah satu minggu berlangsung, bahkan dilengkapi dengan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM).

“Program ini sebenarnya sudah lama diluncurkan, dan mulai aktif sekitar seminggu yang lalu, dan sampai saat ini terus dibenahi. Terus juga disitu ada SKM, dan pengguna itu langsung mengisi survei mana yang baik dan tidak,”

Sekedar diketahui, berbagai fasilitas yang menjadi menu layanan disediakan. Mulai dari Si Sekolah (Sistem Informasi Pendaftaran Sekolah), Si Siswa (Sistem Informasi Mutasi Siswa), Si Lisia (Sistem Informasi Legalisasi Siswa), Dapodik hingga PIP (Pusat Informasi Pendidikan).

Tidak berhenti disitu saja, di dalam ruangan Si Mantap juga tersedia Kids Area, yaitu tempat khusus bagi anak-anak di bawah umur, tujuannya untuk menjaga jika ada masyarakat yang membawa anak kecil sewaktu ada pelayanan. [Hend/Nin]

Tags : Disdik