close
PAMEKASAN

Akibat Hujan Deras, Air Sungai Meluap Masuk Rumah Warga

IMG_20190202_024757

PAMEKASAN, Kompasmadura.com –  Diguyur hujan dengan curah tinggi dalam waktu yang cukup lama, beberapa titik lokasi di Kabupaten Pamekasan Madura, Jawa Timur, terjadi banjir genangan air hingga masuk kerumah warga. Jumat (01/02/2019) Sore, pada pukul 15:00 wib.

Sementara salah satu Warga Keluarahan Kolpajung, H. Holil mengatakan, terjadi banjir kali ini salah satu penyebanya karena beberapa sungai banyak yang dangkal, ditambah kuranya kesadaran masyarakat.

“Di daerah jilbudan, kalinya semakin dangkal, jadi perlu dikeruk, ditambah lagi kesadaran masyarakat sekitar yang membuang sampah sembarangan langsung ke kali,” tuturnya.

Namun disisi lain, Syifud salah satu Warga Kelurahan Jungcangcang Kabupaten Pamekasan mengatakan, Banjir genangan air kali ini disebabkan karena curah hujan cukup tinggi dan perlu juga kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sekitar.

“Bukan hanya kesadaran masyarakat saja, Tapi perlu kontrol saluran air yang di hilir. Karena bukan tidak mungkin ada masalah di hilir. Bisa disebabkan sampah yang menyumbat atau penyempitan saluran air,” tambahnya.

Syifud juga menegaskan, Banjir genangan air saat ini sampai masuk kerumah – rumah warga, sebelumnya belum pernah seperti ini.

“Kalau sudah terjadi genangan air hujan seperti ini, mungkin satu-satunya jalan yang harus saya lakukan adalah menutup salaluran air yang memang melintasi tanah milik pribadi saya, ini terjadi karena saluran pembuangan yang di selatannya SMPN 4 Pamekasan tidak mau diperlebar,” ujarnya.

Sementara, Kepala BPBD Kabupaten Pamekasan, Akmalul Firdaus melalui Supervisor PusdalOps, Budi Cahyono , Saat dihubungi melalui Via WhatsApp mengatakan, Banjir genangan air ini terjadi disejumlah titik, diantaranya Jl. Brawijaya, Jl. Stadion, Jl. Segara Gg Asri, Jl. Mandilaras, Jl. Jokotole area Komplek Pemda lama dan Jl. Gatot koco Pamekasan.

“Untuk saat ini, Air masih terus mengalir dengan lancar, cuma debit airnya terlalu banyak hingga terjadi banjir, Sedangkan banjir seperti ini terjadi karena curah hujan yang cukup tinggi dan Drainase tidak mampu, Semoga saja air surut dan hujan cepat reda, sehingga banjir genangan ini bisa cepat teratasi,” ungkapnya. [Riski/Nindy]

Tags : Banjir