close
PENDIDIKAN

Bintek Implementasi Kesiapan Bersekolah Bagi PAUD-SD Di Sumenep

IMG_20211012_160029

SUMENEP, Kompasmadura.com – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Sumenep, Nia Kurnia Fauzi, menegaskan Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini mendapatkan dukungan pemerintah melalui lembaga negara yang ada pada setiap regulasi secara aktual pendidikan mulai pusat hingga daerah.

Hal tersebut dikatakan Istri Bupati Sumenep ini pada Pembukaan Bimbingan Teknis (Bintek) Implementasi Kesiapan Bersekolah di selenggarakan Forum Komunikasi PAUD-SD kerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep dengan Dirjen PAUD Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Repuplik Indonesia (RI) di Hotel Utami Sumenep, Selasa (12/10/2021).

“Negara telah berbuat sedemikian rupa sebagai wujud komitmen kepada seluruh anak bangsa dengan tujuan meningkatkan taraf pengetahuan seluruh warga Indonesia.”Ungkapnya.

Karena itu, Nia Kurnia, mengajak khususnya bagi para pendidik pada setiap jenjang pendidikan untuk betul-betul melakukan penghayatan terhadap nilai dasar setiap formasi dalam membangun imajinasi anak pada setiap komunitas pendidikan dasar dengan tujuan meningkatkan pendidikan nasional.

Sebab, diakui Nia dalam menanamkan kemampuan membaca dan menulis secara teknikal bagi anak usia dini diharapkan dari para pendidik untuk memiliki daya asah berpikir yang bertumpu pada penguatan kemampuan analisa. Sehingga dapat dipecahkan bersama dalam memahami realita dalam kehidupan sosial mereka.

Pihaknya juga berharap pada pelaksana pendidikan dalam mendidik generasi muda tidak hanya asal pintar secara akademik, namun dari sisi pendidikan yang lain harus mampu berkiprah dengan sikap manusiawi pada manusia. Karena itu diperlukan komitment dari seluruh elemen dan tidak hanya sekedar melaksanakan kegiatan sesuai anggaran yang telah terencana secara rutin dan hanya menjadikan ritual melaksanakan kewajiban semata.

“diharapkan substabsi dari tujuan pedidikan sesungguhnya bisa tercapai, karenanya diperlukan komitement bersama dalam menyiapkan kurukulum yang inherent khususnya di jenjang sekolah dasar.”tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, H. Moh. Iksan, ST, MT, melalui Sekretarisnya, Dr. Muhammad Saidi. M. Pd, MM, menjelaskan, kegiatan Bintek Implementasi Kesiapan Bersekolah dilaksanakan dalam upaya mempersiapkan kegiatan pendidikan khususnya di jenjang pendidikan anak usia dini menuju pendidikan sekolah dasar

“kegiatan ini dilaksanakan bersama Forum Komunikasi PAUD-SD kerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep dengan Dirjen PAUD DIkdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.”jelasnya.

Sementara itu sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Kebijakan Pemerintah Daerah terkait penyelenggaraan PAUD HI. Sedangkan yang terlibat dalam kegiatan Bintek kali ini mulai Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), pengawas TK-SD, IGTKI, HIMPAUDI, PAUD-SD serta perwakilan wali siswa di Kabupaten Sumenep.(rus/Nin)

Tags : PAUD-SD