close
SUMENEP

Momentum Hari Kesaktian Pancasila, Achmad Yunus: Kiai Abdullah Sajjad Tokoh Karismatik Inspirasi Bangsa

IMG_20211001_204002

SUMENEP, Kompasmadura.com – Majelis Pengurus Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bersama dengan puluhan kader peringati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober 2021 dengan menggelar ziarah doa bersama dan tabur bunga ke Makam KH Abdullah Sajjad Maqbarah Pengasuh PP Annuqayah Guluk-guluk Sumenep.

Ziarah dan doa bersama terhadap almarhum ulama karismatik Madura KH Abdullah Sajjad tersebut dilakukan sebagai refleksi napak tilas perjuangan ulama pada masa lalu dalam menjaga serta turut mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Bangsa ini memerlukan jiwa patriotisme, pengorbanan dan kepahlawanan para pemuda untuk membentengi Pancasila dari ancaman ideologi lain” ungkap Achmad Yunus Ketum MPC PP Sumenep, usai melakukan ziarah di Guluk-guluk, Jumat, (01/10/2021).

Terkait dengan momentum Hari Kesaktian Pancasila, Yunus juga menjelaskan bahwa salah satu yang menjadi target komunis pada saat itu adalah ulama-ulama yang banyak syahid dibunuh oleh PKI.

“Sehingga, kita harus belajar pada sejarah bahwa keulamaan seseorang tidak sekedar dilihat dari perannya dalam agama. Namun juga dalam perjuangan membela bangsa dan negara. Sosok itu paripurna ada dalam diri KH Abdullah Sajjad”, tegas Achmad Yunus.

Sementara itu, masih menurut Gus Yunus untuk melanjutkan sejarah dan perjuangan ulama di Madura dalam membela bangsa dan negara. MPC Pemuda Pancasila Sumenep masih terus berupaya mempersiapkan dokumen usulan penganugerahan kepada KH. Abdullah Sajjad sebagai Pahlawan Nasional.

“Sehingga ketokohan Kiai Abdullah Sajjad dapat terekam dan menjadi inspirasi bagi generasi mendatang”, tegas Yunus.

” Sosok Kiai haji Abdullah Sajjad adalah teladan yang harus dicontoh oleh para pemuda khususnya di Sumenep dimana beliau berani mengorbankan segala-galanya termasuk jiwa raga untuk kemerdekaan Indonesia”, tandasnya.( Ras/Nin)

Tags : Kesaktian Pancasila