close
Piala Menpora

PSIS Semarang kalahkan Tira Persikabo 3-1

psis-semarang-menang-atas-tira-persikabo_169
Foto: Dok. Tira Persikabo

SOLO, Kompasmadura.com – PSIS Semarang meraih kemenangan perdana di matchday kedua Grup A Piala Menpora 2021. Berhadapan dengan Tira Persikabo, Mahesa Jenar menang 3-1.
Bertanding di Stadion Manahan, Solo, Kamis (25/3/2021), PSIS unggul tiga gol lebih dulu lewat Farrel Arya (20′), Fandi Eko Utomo (25′), dan Pratama Arhan (81′). Gol hiburan untuk Persikabo dicetak Firza Andika lewat free kick di menit ke-89.

Hasil ini mengantarkan PSIS ke puncak klasemen sementara Grup A dengan 4 poin dari 2 laga, sekaligus membuka peluang lolos ke perempatfinal. Sedangkan Persikabo ada di posisi juru kunci dengan 1 poin dari 2 laga.

Jalannya pertandingan

Kedua tim saling menyerang sejak awal. Pada menit ke-17, situasi kemelut di depan gawang Persikabo coba dimanfaatkan pemain PSIS Fandi Eko Utomo, namun sepakannya membentur barisan belakang Persikabo dan ditangkap dengan mudah oleh Syahrul Trisna Fadillah.

PSIS membuka keunggulan di menit ke-20. Fandi dengan cerdik memberi umpan terobosan kepada Farrel Arya yang berdiri bebas di sudut kanan kotak penalti. Dengan tenang, jebolan akademi PSIS itu menaklukkan Syahrul dengan tembakan terukurnya ke sudut kanan gawang Persikabo.

Lima menit berselang, giliran Fandi yang mencatatkan namanya di papan skor. Sepakan jarak jauhnya melaju deras ke pojok kiri gawang Persikabo. Syahrul coba menjangkaunya, namun gagal. Mahesa Jenar unggul 2-0.

Persikabo coba mengejar ketertinggalan, namun belum ada peluang yang berhasil menaklukkan gawang PSIS yang dijaga Jandia Eka Putra. Fredyan Wahyu bahkan hampir menambah keunggulan PSIS di injury time babak pertama, namun tendangan bebasnya masih belum tepat sasaran.

Skor 2-0 untuk PSIS bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Persikabo coba menekan sejak awal. Roni Sugeng punya kans di depan gawang PSIS, namun sepakannya lemah dan mudah diantisipasi Jandia.

Persikabo punya kans lagi di menit ke-73. Pelanggaran Soni Setiawan kepada Roni Sugeng berbuah tendangan bebas di depan kotak penalti PSIS. Guntur Triaji yang menjadi eksekutor, namun sepakan kerasnya sukses dihalau oleh Fredyan.

Meski banyak tertekan, PSIS justru menambah gol lagi di menit ke-81. Bek Persikabo Dava Ramadhan melanggar pemain pengganti PSIS, Andreas Ado, di kotak penalti sendiri. Wasit tak ragu menunjuk titik putih.

Pratama Arhan yang maju sebagai penendang sukses menjalankan tugasnya. Sepakannya berhasil mengecoh Syahrul yang salah menebak arah bola, mengubah skor menjadi 3-0.

Tertinggal tiga gol, Persikabo tak putus asa. Di menit ke-89, Firza Andika sukses menipiskan jarak lewat gol tendangan bebas langsung yang bersarang telak di pojok kiri gawang PSIS.

Tidak ada gol lagi yang tercipta hingga peluit panjang, dan PSIS mengunci kemenangan perdana di Piala Menpora 2021.

Susunan Pemain : 

Tira Persikabo: Syahrul, Rifad, Andy Setyo, Julyano, Abduh, Manahati, Roni Sugeng, Izmy, Nufiandani, Wawan, Dimas

PSIS Semarang: Jandia, Fredyan, Wahyu, Dewangga, Arhan, Eka Febri, Fandi Eko, Pasamba, Farrel, Hari Nur, Komarudin

 

 

 

 

(Riyan)

Tags : PSISTira Persikabo