close
SUMENEP

BPPKAD Sumenep Lakukan Inovasi Pelayanan, Perolehan BPHTB Lampaui Target PAD

IMG_20201113_170257

SUMENEP, Kompasmadura.com – Badan Pengelola Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) kabupaten Sumenep senantiasa terus melakukan inovasi pelayanan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat. Seperti halnya inovasi melalui pelayanan pembayaran pajak melalui non tunai yakni menggunakan aplikasi virtual.

Kepala Bidang Pelayanan dan Penagihan BPPKAD Sumenep, Suhermanto, SE, ME, mengungkapkan salah satu upaya yang dilakukan dalam memberikan pelayanan dengan merubah pelayanan pembayaran pajak dari yang semula dilakukan tunai saat ini sudah bisa dilakukan non tunai. Jadi, masyarakat wajib pajak tidak perlu lagi datang dan antri untuk membayar pajak namun cukup melalui aplikasi online sudah bisa dilakukan darimana saja.

” Pelayanan inovasi ini telah memberikan dampak positif terhadap pelayanan kami khususnya dimasa Pandemi Covid-19 ini masyarakat dimudahkan dengan pelayanan virtual account ini.” Ungkap Suhermanto, Jum’at (13/11/2020).

Menurutnya, dengan pelayanan virtual tersebut bahkan ada beberapa bentuk pelayanan yang mampu meningkatkan pendapatan Asli Daerah (PAD), seperti halnya dari pajak bea peralihan hak dan tanah dan bangunan (BPHTB) yang mencapai kontribusi hingga melampaui 100 persen.

Dikatakan, meskipun dalam Tri Wulan pertama hingga memasuki Tri Wulan kedua PAD dari beberapa sektor pajak mengalami penurunan dengan konndisi Pandemi Covid-19, namun sejak bulan Agustus hingga akhir Oktober mulai ada peningkatan PAD. Bahkan untuk BPHTB hingga saat ini saja sudah melampaui target hingga mencapai 7 milyar lebih dari target 5 milyar.

” Syukurlah dari hasil pendapatan BPHTB ini bisa menopang pajak lainnya yang selama Pandemi Covid-19 mengalami penurunan.” Tandasnya.

Sementara itu Suhermanto juga menghimbau pula masyarakat khususnya di Sumenep untuk patuh pajak karena substansinya pajak adalah wajib dan mengikat. Selain itu juga, pihaknya juga akan terus melakukan Inovasi, seperti halnya untuk perbaikan sistem dan sumber daya manusia (SDM) yang ada agar masyarakat juga nyaman dilayani.(met/Nin)

Tags : BPPKAD