close
SUMENEP

DMPD Sumenep Segera Gelar Lomba Desa dan Kelurahan

IMG_20201112_232942

SUMENEP, Kompasmadura.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bakal menggelar Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2020.

Kepala DPMD Sumenep, Moh. Ramli menerangkan, Lomba Desa dan Kelurahan dimaksudkan untuk mendorong Pemerintah Desa dan Kelurahan beserta masyarakat untuk berlomba juga bersaing secara sportif dalam meningkatkan kualitas pemerintahan, pembangunan, juga pemberdayaan.

“Mendorong Pemerintah Desa dan Kelurahan untuk mengoptimalkan juga mengevaluasi potensi yang ada di wilayahnya serta usaha pembangunan yang dilaksanakan masyarakat desa dan kelurahan atas dasar dan tekad dan kekuatan sendiri,” terangnya, usai Rakor Sosialisasi Perlombaan Desa dan Kelurahan, Kamis (12/11/2020).

Sedangkan lomba tersebut akan dilaksanakan sejak tanggal 16 November sampai dengan 04 Desember 2020, dengan dibagi tiga tahap.

Tahap pertama, tanggal 16-27 November. Pada tahap ini akan dimulai dengan penilaian administrasi desa dan kelurahan.

Tahap kedua, klarifikasi lapangan, yang akan dilaksakan pada tanggal 30 November sampai dengan 02 Desember 2020.

Tahap akhir yaitu pemaparan calon juara. Tahap ketiga ini bakal dilaksanakan pada tanggal 03-04 Desember 2020.

Sementara untuk indikator penilaian pada perlombaan tersebut mengacu pada lampiran II Permendagri Nomor 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Di mana, Permendagri itu mencakup tiga bidang, yaitu pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan.( Ras/Nin)

Tags : DPMD