close
SUMENEP

Polres Sumenep Gelar Deklarasi Damai

sumenep_1597222834

SUMENEP, Kompasmadura.com – Berbagai cara untuk menciptakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup)  aman dan lancar, yang akan dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020, Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar deklarasi damai bersama Pimpinan Partai Politik (Parpol) di Mapolres setempat, Rabu (12/08/2020).

Namun deklarasi damai ditandai dengan pembacaan teks pernyataan deklarasi damai yang dibacakan oleh perwakilan 16 pimpinan partai politik sebagai peserta dalam Pilbup 2020.

Sedangkan turut hadir pula dalam acara ini Wakil dari Dandim 0827 Sumenep, Kajari, Wabup Sumenep, Achmad Fauzi, SH.

Kapolres Sumenep, AKBP Darman, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan Pilkada yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2020 nanti, pihaknya bersama tim gabungan yakni Kodim 0827, Satuan Pol PP akan mengawal pelaksanaan Pilkada agar berjalan damai, aman dan sejuk.

“Kami harapkan pada semua masyarakat dan semua organisasi elemen masyarakat ikut serta untuk pro aktif dalam menciptakan suasana yang aman, tenteram, damai dan sejuk agar pelaksanaannya berjalan dengan baik,” ujarnya.

Kapolres juga mengatakan bahwa untuk pelaksanaan Pilkada tahun 2020 nanti, semua masyarakat dan organisasi tidak menyebarkan berita hoax yang bisa membuat suasana tidak nyaman.

“Tujuannya supaya pesta demokrasi lima tahunan ini berjalan dengan baik dan sukses,” ungkapnya

Sedangkan dalam pengamanan Pilkada Sumenep, Polres menyiapkan personil pengamanan sebanyak 1.200 anggota, dari jumlah personil yang ada meliputi personil Brimob sebanyak 400, dari Polda Jatim sebanyak 100 personil, dan dari jajaran Polres Sumenep sebanyak satu kompi.

“Untuk penanganan keamanan Pilkada 2020 mengingat secara geografis Sumenep terdiri dari Kepulauan, maka kami siagakan satu kapal dan helikopter,” tegasnya

Sementara Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH menuturkan, bahwa pemerintah dan pihak keamanan sudah teruji dan berpengalaman dalam pelaksanaan pesta demokrasi. Sehingga bisa dipastikan Pilbup bisa berjalan aman, damai.

“Kami yakin Pilkada Sumenep 2020 bisa berlangsung aman, damai”. Katanya (Mad/Nin)

Tags : Deklarasi DamaiPilkada 2020Polres Sumenep