close
NEWS

Komisi IV DPRD Sumenep Sayangkan Pelayanan RSUD dr.H.Moh Anwar Sumenep

IMG_20200715_130342

SUMENEP, Kompasmadura.com – Kinerja pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh.Anwar Sumenep, jadi sorotan Komisi IV DPRD Sumenep, yang dianggap selama ini banyak dipertanyakan masyarakat karena banyak pasien asal Sumenep justru memilih rumah sakit diluar Sumenep, seperti ke kabupaten tetangga yakni ke rumah sakit di kabupaten Pamekasan.

“Banyak masyarakat Sumenep yang lebih memilih berobat ke rumah sakit di kabupaten tetangga yang lebih jauh, tentunya ini ada persoalan di rumah sakit yang ada di daerahnya sendiri.” Ungkap Sekretaris Komisi IV DPRD Sumenep, Abu Hasan, SH, kepada wartawan, Selasa (14/07/2020).
Menurutnya, pihak komisi IV DPRD Sumenep sudah melakukan pertemuan dengan direktur RSUD guna singkronisasi terhadap pelayanan di rumah sakit milik pemerintah kabupaten Sumenep tersebut.

Khususnya berkaitan dengan persoalan utama yakni terkait peningkatan pelayanan ” sebab, Diakui politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) asal kepulauan Kangean ini, jika persoalan pelayanan kesehatan perlu adanya keseriusan dari pengelola, bagaimana memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat yang merupakan urgen dan sangat dibutuhkan masyarakat khususnya di Sumenep.
” Kami dari Komisi IV menghimbau khususnya kepada Direktur RSUD untuk berpikir bagaimana mengembalikan kepercayaan masyarakat kembali untuk tetap memilih rumah sakit kebanggaan Masyarakat Sumenep itu tentunya dengan peningkatan pelayanan.” tandas Abu Hasan.

Pihaknya tidak ingin lagi melihat kenyataan masyarakat Sumenep lebih memilih dengan alasan pelayanan di RSUD Sumenep Sendiri tidak memberikan pelayanan secara maksimal. Masih dimaklumi jika pasien dirujuk ke Surabaya, Bali dan sebagainya yang memang kualitas rumah sakit nya lebih baik, namun ketika hanya lebih memilih rumah sakit di luar kabupaten Sumenep yang masih tetangga, tentunya ada sesuatu yang terjadi disini.

Sementara itu Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Erliyati, tidak penampik adanya sorotan dari komisi IV DPRD Sumenep. Bahkan, dalam klarifikasinya beberapa waktu lalu dewan yang minta agar ada peningkatan pelayanan yang menurut dewan karena juga kurangnya tenaga yang ada di RSUD seperti perawat dan scurity.

” Terkait soal pelayanan untuk pasien sebenarnya banyak faktor, karena setiap orang berobat bisa cocok-cocokan atau like and dislike.” Ungkapnya.

Sedangkan terkait soal kurangnya tenaga khususnya keperawatan juga dihimbau untuk ditambah, bahkan pihaknya sudah mengajukan ke Dinas Kesehatan Sumenep, dan tinggal menunggu respon dari Dinas Kesehatan. Apakah diambilkan dari ASN atau tenaga kontrak.

” Sebenarnya, berkaitan peralatan medis dan sebagainya RSUD dr H Moh Anwar Sumenep ini sudah standar karena sudah dilengkapi oleh pemkab Sumenep.” Pungkasnya.(Eno/Nin)

Tags : Komisi IVRSUD