close
POLITIK

DPC PDI Perjuangan Gelar Deklarasi Fauzi-Eva Pilbup Sumenep 2020

IMG_20200621_200428

SUMENEP, Kompasmadura.com – DPC PDI Perjuangan Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Istighasah sekaligus Deklarasi pasangan Achmad Fauzi-Dewi Khalifah (Fauzi-Eva) sebagai peserta pada pemilihan bupati-wakil bupati (Pilbup) setempat tahun 2020.

Kegiatan itu dilaksanakan di Kantor DPC PDI Perjuangan Sumenep, di Jalan Lingkar Barat, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep, Minggu, 21 Juni 2020, sekitar pukul 15.30 Wib.

Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep Achmad Fauzi, menjelaskan, deklarasi Fauzi-Eva ini dilakukan untuk memastikan sekaligus menghindari isu-isu yang beredar, di antaranya ketidak pastian Fauzi-Eva sebagai pasangan calon dari PDI Perjuangan.

“Melalui deklarasi pada Ahad, 21 Juni 2020, sore ini, kami memastikan tidak akan ada perubahan pada pasangan calon yang akan diusung PDI Perjuangan. Tetap Fauzi-Nyai Eva,” tegasnya.

Ia juga menuturkan, PDI Perjuangan Sumenep secara internal telah melakukan penjaringan dan menetapkan dirinya sebagai bakal calon bupati dan Nyai Eva sebagai bakal calon wakil bupati.

“Ada proses internal dan panjang, di antaranya melalui survei popularitas dan elektabilitas sebelum keluarnya rekomendasi Fauzi-Nyai Eva dari DPP PDI Perjuangan,” paparnya.

KPU RI telah menetapkan Pilkada Serentak 2020 dilaksanakan pada 9 Desember 2020 setelah sebelumnya ada penundaan dari jadwal semula pada 23 September 2020. “Kondisi tersebut langsung ditindaklanjuti dengan instruksi kepada seluruh pengurus dan kader kami di semua jenjang untuk bergerak guna pemenangan Fauzi-Nyai Eva,” ujarnya.

Sementara Ketua DPC Hanura Sumenep, Dewi Khalifah (Nyai Eva), mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan PDI Perjuangan untuk maju dalam Pilkada Sumenep 2020 sebagai bakal calon wakil bupati mendampingi Fauzi.

“Ini amanat yang besar sekaligus sejarah bagi kami dan kami harus mempertanggungjawabkannya dengan kemenangan dalam Pilkada Sumenep 2020,” tuturnya.

Untuk sementara, lanjut Nyai Eva, pihaknya baru memegang surat tugas dari DPP Hanura sebagai bakal calon wakil bupati mendampingi Fauzi.

Namun, sesuai hasil rapat di DPP Hanura, surat tugas tersebut akan menjadi surat keputusan setelah rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan sudah berada di tangannya.

“Alhamdulillah, pada Ahad, 21 Juni 2020, sore ini, rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan sudah diserahkan dan berada di tangan kami,” terangnya.

Oleh karena itu, kata Nyai Eva, pihkanya akan segera melaporkan ke DPP Hanura agar rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan yang sudah di tangannya segera diproses sebagai pedoman keluarnya rekomendasi bagi dirinya sebagai bakal calon wakil bupati dari Partai Hanura yang mendampingi Fauzi sebagai bakal calon bupati dari PDI Perjuangan.

“Kami bersama tim sebenarnya telah bergerak untuk menyosialisasikan pasangan Fauzi-Eva sejak sebelum rekomendasi dideklarasikan oleh PDI Perjuangan Sumenep. Sekali lagi, deklarasi ini merupakan amanat besar sekaligus sejarah bagi kami dan harus dipertanggungjawabkan dengan kemenangan dalam Pilkada Sumenep 2020,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sumenep Abrari, mengatakan, deklarasi pasangan Fauzi-Eva merupakan langkah strategis struktural yang harus dilakukan oleh partainya untuk menyampaikan sekaligus memastikan SK DPP PDI Perjuangan tentang rekomendasi pasangan calon yang akan diusung oleh PDI Perjuangan Sumenep dalam Pilkada Sumenep 2020 bisa diketahui publik.

“Alhamdulillah, kami mendapat dukungan dari DPP PAN yang juga merekomendasikam pasangan Fauzi-Eva dan selanjutnya tak ada alasan lagi bagi untuk tidak mendaftarkan pasangan calon yang kami usung ini ke KPU Sumenep ketika sudah waktunya pendaftaran pasangan calon dalam Pilkada Sumenep 2020,” urainya.

Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang mendalam atas keputusan PAN yang juga mengusung pasangan Fauzi-Eva.

“Insya-Allah, masih akan ada dukungan dari partai politik lainnya di luar PAN. Kami terus berkomunikasi intensif dengan pimpinan partai politik lainnya dan jika Tuhan Yang Maha Kuasa meridhai ikhtiar kami itu, akan ada partai politik lainnya di luar PAN yang juga seiring dan seperjuangan dengan kami untuk mengusung pasangan Fauzi-Eva,” katnaya penuh optimis.

Sedangkan Istighasah dipimpin oleh KH Taufikurrahman FM. Istighasah dihadiri oleh pengurus DPC dan PAC PDI Perjuangan se-Sumenep dan Nyai Eva bersama tim. (Rls)

Tags : DPC PDI Perjuangan