close
SAMPANG

Masa Transisi Penghujan ke Kemarau, Waspada Cuaca Ekstrem

IMG_20200506_130250
Kepala BPBD Sampang Anang Djoenaidi.

SAMPANG, Kompasmadura.com – Saat ini sedang memasuki masa transisi dari puncak musim penghujan ke musim kemarau. Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang Anang Djoenaidi, Rabu (6/5/2020).

“Secara umum sudah dalam masa transisi. Masa peralihan cuaca dari hujan ke kemarau,” katanya kepada kompasmadura.com.

Pada masa transisi itu, menyampaikan masih terjadi cuaca yang cukup ekstrim, seperti angin kencang dan berpotensi menyebabkan angin beliung. Bahkan masih mengalami hujan meski intensitas sedang, tapi tidak merata di satu daerah.

“Puncak perubahan cuaca itu di bulan Juni. Kita juga mengingatkan untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi masuknya musim kemarau,” tegasnya

Selain itu, Anang menambahkan harus tetap mewaspadai terjadinya potensi kebakaran hutan dan lahan di masa transisi ini akibat cuaca yang masih cerah. “Masyarakat yang membakar sampah, jangan ditinggal, tunggu hingga sampah itu benar-benar terbakar dan dinilai tidak bahaya,” sarannya.

Masa Pancaroba ini seringkali terjadi masyarakat demam, flu dan batuk akibat perubahan cuaca. “Ditengah-tengah pandemi ini, masyarakat juga perlu kewaspadaan. Jaga kesehatan dan kondisi badannya,” sarannya mantan Kabag Tapem Pemkab Sampang itu. (Ful/Nin)

Tags : BPBD