close
SUMENEP

Bupati Sumenep Lakukan Sosialisasi Serta Bagikan Masker Gratis

IMG_20200413_152023

SUMENEP, Kompasmadura.com – Berbagai cara untuk mencegah penyebaran wabah Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Sumenep, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS SMP menggelar aksi pembagian masker gratis bagi masyarakat.

Aksi pembagian ribuan masker gratis itu digelar di beberapa titik seperti Pasar Anom dan simpang tiga Terminal Arya Wiraraja di wilayah Kecamatan Kota, dipimpin langsung Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Buyro Karim, M.Si, Senin (13/04/2020).

Bupati didampingi anggota DPRD Jawa Timur, Nurfitriana Busyro sekaligus mensosialisasikan upaya mencegah penyebaran dan bahaya Virus Covid-19 kepada masyarakat.

“Pembagian masker adalah bagian dari sosialisasi kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker, manakala harus keluar rumah untuk mencegah penularan virus Covid-19,” kata Bupati di sela–sela kegiatannya.

Pihaknya dalam kegiatan itu juga meminta masyarakat untuk menjaga jarak fisik dengan orang lain, lebih baik di rumah saja manakala tidak ada kepentingan yang mendesak harus keluar rumah, menjauhi kerumunan dan senantiasa berpola hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan dengan air atau menggunakan hand sanitizer.

“kami pasti terus melakukan pembagian masker, karena telah memesan ribuan masker untuk dibagikan secara gratis, termasuk sosialisasi kepada masyarakat, sehingga Kabupaten Sumenep aman dari penyebaran wabah Virus Covid-19,” tegasnya.

Bupati mengungkapkan, kebersamaan dan gotong royong yang dilakukan pemerintah dan masyarakat bisa mencegah penyebaran Virus Covid-19, karena Kabupaten Sumenep termasuk zona hijau di Jawa Timur, lantaran tidak ada satupun warga yang terkonfirmasi positif terjangkit virus itu.

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS SMP menyediakan sebanyak sepuluh ribu masker gratis bagi masyarakat, yang dilakukan di 12 titik.

Bahkan berbagai upaya pencegahan virus Covid-19 di Sumenep juga dilakukan sejumlah organisasi masyarakat seperti Pengurus NU, Gusdurian, Pramuka, IPNU, Banser dan organisasi lainnya di setiap kecamatan maupun desa.

Pemerintahan Desa dan masyarakat sudah mulai melakukan pencegahan dini penyebaran virus Covid-19, dengan membentuk posko Covid yang menerapkan protokol kesehatan, di antaranya menjaga pintu masuk desa, mendata warga yang keluar dan atau masuk, kampanye rajin mencuci tangan. (Ras/Nin)

 

Tags : Bupati SumenepMGPM