close
SUMENEP

Dinsos Sumenep Lakukan Upaya Pencegahan Covid-19

IMG-20200403-WA0004

SUMENEP, Kompasmadura.com – Pandemi Covid-19 menjadi tanggung jawab bersama dalam mengantisipasi dan melakukan pencegahan untuk memerangi penyebaran virus yang berawal di negeri China itu.

Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep, Madura, Jawa Timur, ikut andil dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona tersebut.

Menurut Kepala Dinsos Sumenep, Mohammad Iksan, ST, MT, Virus Corona adalah musuh bersama yang hingga saat ini belum ditemukan obatnya, maka dari itu pihaknya mengupayakan berbagai langkah pencegahan agar tidak menyebar semakin luas.

“Penyebaran Virus Corona (Covid-19) ini sangat cepat, untuk itu butuh kesiapsiagaan dan segera diantisipasi,” katanya. Jumat (03/04/2020).

Namun salah satu cara mengantisipasi penyebaran Covid-19 itu adalah berprilaku hidup bersih dan sehat (BHBS). Dari itu pihaknya menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di Kantor Dinsos Sumenep.

“Merebaknya virus ini memang baru sekarang, tapi karena penularannya sangat mudah. Makanya butuh langkah dan upaya pencegahan yang maksimal, apalagi saat ini Indonesia sudah dinyatakan Darurat Covid-19,” ungkapnya.

Disamping itu pihaknya juga membentuk Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang akan bergerak khusus melakukan penyemprotan disinfektan. “Berkala di Kantor Dinas Sosial ini juga dilakukan penyemprotan disetiap ruangan,” ungkapnya.

Bahkan,  mantan Kabid Pora Disparbudpora Sumenep itu menjelaskan, sesuai instruksi Bapak Bupati Sumenep, KH. A. Busyro Karim, bahwa saat ini dilarang untuk melakukan pertemuan melibatkan orang banyak.

“Jadi saat ini seperti apel pagi, rapat dan kegiatan Dinas Sosial yang melibatkan orang banyak sementara kami tiadakan atau ditunda,” terangnya pula.

Sedangkan, koordinasi dengan tim kabupaten sudah menggunakan teleconference yang tersambung secara online ke semua OPD, maupun ke Bupati Busyro, Wakil bupati Achmad Fauzi, dan Sekda. “Hasil koordinasi dan informasi itu baru kami sampaikan dengan kepada ASN di Dinas Sosial,” tutur Iksan.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada semua elemen masyarakat untuk ikut andil dalam upaya melakukan pencegahan utamanya kepada ASN di Dinsos Sumenep. “Paling tidak biasakan cuci tangan, jaga kebersihan dan jaga jarak serta hindari pertemuan dan kerumunan banyak orang,” ujarnya (Ras/Nin)

Tags : Dinsos