close
PENDIDIKAN

Wabup Sumenep Pantau UNBK Pada Hari Ketiga

IMG_20200318_174353
Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH saat Pantau UNBK di SMK Kesehatan Mulia Husada

SUMENEP, Kompasmadura.com – Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Achmad Fauzi, SH memantau langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di hari ketiga, Rabu (18/03/2020).

Wabup memantau UNBK SMK didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Kabupaten Sumenep, Sugiono Eksanto, di SMKN 1 Kalianget, SMK Kesehatan Mulia Husada Sumenep, dan SMKN 1 Sumenep.

“Alhamdulillah, secara umum UNBK SMK di Sumenep sejak hari pertama hingga ketiga ini berjalan lancar, tidak ada kendala yang mengganggu pelaksanaannya,” kata Wakil Bupati di sela-sela pemantauannya di SMK Kesehatan Mulia Husada.

Pihaknya juga berharap, peserta UNBK bisa menjawab soal-soal ujian dengan benar, agar seluruh siswa yang mengikuti ujian bisa lulus semuanya, bahkan mereka juga mendapat nilai yang bagus.

“Kita doakan mudah-mudan peserta UNBK SMK tahun ini, angka kelulusannya mencapai seratus persen, supaya tidak ada siswa peserta ujian yang tertinggal,” tuturnya

“Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi itu demi masa depan mereka untuk mendapatkan pekerjaan, mengingat saat ini, manakala hanya menggunakan ijazah SMA sederajat sangat sulit, dan setidaknya lulus D1, D3 hingga S1,” tegas Achmad Fauzi.

Sementara Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Kabupaten Sumenep, Sugiono Eksanto menambahkan, peserta UNBK SMK tahun ini mencapai empat ribu siswa lebih yang tersebar di enam puluh satu lembaga pendidikan penyelenggara.

“Angka kehadiran peserta sangat bagus, meskipun ada sekitar 0,1 persen di hari pertama tidak ikut ujian berhubung sakit, sehingga mereka mengikuti ujian susulan. Selebihnya ada siswa yang tidak ikut ujian karena menikah dan berhenti sekolah,” terangnya.

UNBK SMK tahun 2020 memang berjalan lancar tanpa ada kendala dan hambatan, hanya saja satu lembaga penyelengara di kepulauan yang tidak bisa melaksanakan ujian secara online, namun melaksanakan secara offline. (Ras/Nin)

 

Tags : UNBKWabup Sumenep