close
SUMENEP

Wabup Sumenep Berharap Fatayat NU Harus Membangun Kualitas SDM Kaum Perempuan Yang Handal

sumenep_1576834841

SUMENEP, Kompasmadura.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep meminta Fatayat NU Sumenep, berani dan konsisten melakukan gerak nyata dalam masyarakat, sehingga bukan sekedar sarana pengajian dan rutinitas lainnya.

Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Achmad Fauzi, SH mengatakan, selama hampir 70 tahun, Fatayat NU telah banyak memberikan sumbangan dan kontribusi besar bagi negeri ini, perlu terus mengembangkan eksistensi program kelembagaannya.

Itu dilakukan supaya lembaganya tetap eksis dan berkontribusi terhadap kemajuan bangsa seiring dengan perubahan jaman.

“Masih banyak aksi nyata yang membutuhkan sentuhan dan peran Fatayat NU di tengah-tengah masyarakat seiring dengan revolusi industri 4.0 ini,” tegas Wakil Bupati pada Pelantikan dan Launching Program Pengurus Cabang Fatayat NU Sumenep, di Aula Kemenag, Jumat (20/12/2019).

Pihaknya menyatakan, aksi nyata yang membutuhkan peranannya menyesuaikan dengan masalah yang terjadi di masyarakat, seperti masalah kekerasan dalam rumah tangga serta mengurangi tingginya angka penceraian di Kabupaten Sumenep.

“Menekan angka penceraian di masyarakat harus menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bersama termasuk Fatayat NU Sumenep, karena jumlahnya sangat banyak mencapai sekitar 1000 kasus tahun ini,” tutur Politisi PDI Perjuangan ini.

Selain itu, Fatayat NU harus membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kaum perempuan yang handal agar memiliki daya saing dan kualitas unggul, mengingat perannya sangat penting dalam keluarga terutama mendidik dan mencetak anak-anaknya menjadi generasi emas.

“Kaum perempuan harus meningkatkan pendidikannya, karena perannya sangat vital untuk mencerdaskan anak, bahkan dengan meningkatkan SDM agar mampu bersaing dengan kaum laki-laki di ruang publik,” imbuh Wabup Achmad Fauzi.

Terpilih sebagai Ketua PC Fatayat NU Sumenep adalah Tin Mayyah dan Sekretaris yakni Yusnaniyah untuk periode lima tahun ke depan.

Fatayat NU Sumenep juga meningkatkan sistem membangun kaderisasi, memperkuat solidaritas dan memperluas jaringan kemitraan, agar organisasinya tetap eksis dan berkontribusi terhadap kemajuan bangsa. Tambahnya

“Saya menyampaikan selamat kepada Pengurus Cabang Fatayat NU Sumenep yang telah dilantik saat ini. Mudah-mudahan bisa mengemban amanah sebaik-baiknya dan melahirkan program untuk pemberdayaan kaum perempuan,” ujarnya (Sm/nin)

Tags : Fatayat NUWabup Sumenep