close
PENDIDIKAN

Kenalkan Produk Kreatif Hasil Pembelajaran, SMK AL-KARIMIYYAH Sumenep Gelar Pameran

IMG_20191211_193821
Pengasuh Pondok Pesantren Al-Karimiyyah Sumenep, Dr. KH. Busyro Karim, M.Si., meninjau salah satu stand pameran produk kreatif SMK Al-Karimiyyah

SUMENEP, Kompasmadura.com – SMK Al-Karimiyyah, Braji, Gapura, Sumenep menggelar Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Peserta Didik SMK Al-Karimiyyah Tahun 2019 untuk Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) di halaman SMK Al-Karimiyyah pada Sabtu (07/12/19).

Namun Acara yang juga diisi dengan pameran produk DU/DI mitra kerja sekolah ini dibuka langsung oleh Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Sumenep, Drs. H. Suparman, M.Pd. Dalam sambutannya, Suparman mengapresiasi kinerja sekolah dan pihak yang terlibat sehingga acara Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran SMK Al-Karimiyyah Tahun 2019 ini dapat terlaksana.

“Saya sangat bangga pada usaha sekolah yang terbilang masih baru ini dalam menampilkan produk-produk kreatif peserta didik karena dapat menumbuhkan motivasi dan kreatifitas peserta didik dalam meningkatkan life skill menyongsong revolusi industri 4.0. Karena itu saya apresiasi dan ucapkan terima kasih kepada pihak yayasan, kepala sekolah, dan teman-teman guru yang menyelenggarakan acara ini,” kata Suparman.

Pihaknya berharap agar pameran produk kreatif ini tidak hanya di lingkungan internal SMK Al-Karimiyyah, namun lebih luas lagi melibatkan SMK-SMK lain di Kabupaten Sumenep sehingga SMK Al-Karimiyyah dapat saling bersinergi dan belajar dari SMK lainnya dengan melihat produk kreatif hasil pembelajaran dari berbagai sekolah yang ada.

Turut hadir juga dalam pameran produk kreatif ini Pengasuh Pondok Pesantren Al-Karimiyyah, yang juga Bupati Sumenep, Dr. KH. Busyro Karim, M.Si. Bahkan sebelum acara pembukaan di mulai, Busyro Karim tampak meninjau stand-stand pameran sambil berdialog dengan peserta didik menanyakan produk kreatif yang ditampilkan. Dalam sambutannya, Busyro Karim memotivasi peserta didik di SMK Al-Karimiyyah untuk lebih meningkatkan keterampilannya dalam berinovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru dalam mengolah hasil pertanian. “Tangan-tangan siswa SMK Al-Karimiyyah harus lebih terampil untuk mengolah sumber daya pertanian yang ada dan menghasilkan produk-produk baru”, katanya.

Sementara itu, Kepala SMK Al-Karimiyyah, Fendi Susanto, S.Pd.I. menjelaskan bahwa pameran produk kreatif ini baru pertama kali diselenggarakan sejak berdirinya SMK Al-Karimiyyah pada tahun 2016. “Pameran produk kreatif ini sebagai langkah awal untuk menampilkan produk-produk peserta didik sebagai hasil pembelajaran mapel produktif. Kedepan kita akan selenggarakan event-event yang lebih besar”, jelas Fendi Susanto.

Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran SMK Al-Karimiyyah Tahun 2019 ini mengambil tema “Menumbuhkan produk kreatif dalam rangka revitalisasi SMK dan menyongsong revolusi industri 4.0” diikuti semua perwakilan kelas pada program keahlian APHP dan perwakilan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) yang menjadi mitra sekolah selama ini.(kam/Nin)

Tags : SMK Al-Karimiyah