close
SUMENEP

HKN Ke-55 : Dinkes Jatim Mempunyai Banyak Sasaran Aspek Kesehatan

sumenep_1574924024 (1)

SUMENEP, Kompasmadura.com – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan bertekad untuk menciptakan generasi sehat yang unggul melalui pengentasan sejumlah permasalahan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Kohar Hari Santoso mengatakan, pihaknya mempunyai banyak sasaran aspek kesehatan yang menjadi target, seperti masalah pemenuhan gizi, lingkungan, hingga pencegahan penyakit menular.

“Penanganan masalah kesehatan penting diutamakan untuk menciptakan generasi sehat yang unggul,” jelasnya di acara puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tingkat Provinsi Jawa Timur, di Pantai Lombang Sumenep, Kamis (28/11/2019).

Pihaknya berharap, masyarakat mendukung berbagai upaya akselerasi kesehatan yang dilakukan pemerintah, supaya program itu berjalan maksimal dalam rangka meningkatkan pola hidup kesehatan.

“Perlu peran dan keterlibatan masyarakat dalam mengawal kebijakan kesehatan agar mampu menggerakkan kesadaran terhadap pentingnya kesehatan,” tutur Kohar Hari Santoso.

Puncak peringatan HKN tahun 2019 di Pantai Lombang diwarnai serangkaian acara, seperti jalan sehat, parade egrang, gerakan bersih pantai, penampilan seni dan budaya semisal saronen dan tari tradisional. Selain itu kampanye kesehatan, penandatanganan komitmen dan penyerahan 10 unit mobil ambulan.

Sementara Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengungkapkan, penempatan puncak HKN tingkat Jawa Timur di daerahnya merupakan kebanggaan, karena Kabupaten Sumenep mempunyai objek wisata yang luar biasa, salah satunya Pantai Lombang yang dikenal pantai cemara udang sepanjang 10 kilometer.

“Pilihan HKN di Pantai Lombang karena kami ingin memberikan sesuatu yang berbeda dengan puncak peringatan tahun sebelumnya, mengingat para undangan selain menikmati wisata juga penampilan seni dan budaya khas masyarakat Sumenep,” tegasnya.

Selanjutnya atas nama masyarakat Kabupaten Sumenep berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, yang telah menunjuk Kota Keris sebagai tuan rumah puncak peringatan HKN tahun ini.(Rie)

 

Tags : HKN Dinkes