close
SEA GAMES

Timnas Indonesia U-22 Berhasil Mengalahkan Thailand 2-0

IMG_20191126_172824

MANILA, Kompasmdura.com – Timnas Indonesia U-22 mengawali kiprah di Grup B pada SEA Games 2019 dengan kemenangan lawan Thailand 2-0.

Bertanding di Rizal Memorial Stadium, Manilla, Filipina, Selasa (26/11/2019), Indonesia mampu unggul cepat melalui gol cepat di menit ke-4 lewat Egy Maulani Vikri. Kedudukan berubah 2-0 untuk Indonesia pada menit ke-86 lewat gol Osvaldo Haay. Keunggulan ini mampu dipertahankan Tim Merah Putih hingga laga usai.

 

Jalannya Pertandingan

Indonesia berusaha bermain sabar di awal babak pertama. Mereka membangun serangan lewat umpan pendek dari lini belakang.

Serangan pasukan Indra Sjafri ini mampu membuahkan hasil pada menit ke-4. Bermula dari skema sepak pojok, kiriman bola Evan Dimas menghasilkan kemelut di depan gawang Thailand.

Sepakan Egy Maulana awalnya berhasil ditepis oleh Nont Muangnam. Bola muntah langsung disambut oleh pemain Lechia Gdansk ini untuk mengubah skor menjadi 1-0.

 

 

Tim Gajah Perang berupaya merespon di menit ke-18. Suphanat Mueanta mampu mengecoh Asnawi Mangkualam sebelum melepas sepakan keras.

Namun usahanya ini dengan gemilang mampu diredam oleh Nadeo. Ia terbang menepis bola.

Memasuki pertengahan babak pertama laga berlangsung sengit. Kedua tim saling bertukar serangan.

Pada menit ke-39, Thailand punya peluang untuk menyamakan kedudukan lewat sepakan dari luar kotak penalti Chatmongkol Tongkiri. Namun bola masih melebar tipis dari gawang Indonesia.

Di lima menit terakhir babak pertama, Thailand lebih dominan. Merespon hal ini Indonesia bermain lebih bertahan. Permainan disiplin mereka berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 ini hingga turun minum.

Selepas jeda, Akira Nishino memasukan Supachok Sarachat dan Sitichok Paso untuk meningkatkan daya serang. Sementara Indonesia harus kehilangan Egy yang cedera dengan digantikan oleh Feby Eka Putra.

Bermainnya Supachok dan Sitichok membuat setengah membuat lini serang Thailand lebih hidup. Pada menit ke-52, umpan terobosan Supachok menemui Anon Amornlertsak yang terbebas di kotak penalti.

Tim Merah Putih yang lebih banyak tertekan di babak kedua lebih mengoptimalkan serangan balik.

Aksi Asnawi di sisi kanan mampu menerobos kotak penalti Thailand. Ia lalu melepas sepakan chip yang tak mampu dijangkau Nont Muangnam. Namun bola hanya menerpa mistar.

Pada menit ke-68, Thailand kembali mengancam. Kali ini, lewat sepakan jarak jauh Sompim Srayut yang masih bisa diamankan oleh Nadeo.

Indonesia nyaris saja menggandakan kedudukan di menit ke-83. Tusukan Feby mampu mengecoh satu pemain Thailand di kotak penalti. Ia lalu melepas sepakan yang sayangnya masih ditepis oleh Nont Muangnam.

Indonesia untuk menggandakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil di menit ke-86. Lewat serangan balik cepat Saddil menyodorkan bola ke Osvaldo Haay yang tak terkawal.

Skor 2-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga laga tuntas.

Susunan Pemain:

Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam Bahar, Bagas Adi, Andy Setyo, Firza Andika; Zulfiandi, Evan Dimas Darmono; Syahrian Abimanyu, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani; Muhammad Rafli

Thailand: Nont Muangnam; Sompim Srayut, Saringkan Promsupa, Shinnaphat Leeaoh, Thitathorn Auksornsri; Jaroensak Wanggorn, Chatmongkol Tongkiri, Anon Amornlertsak, Kritsada Kaman; Supachai Jaided, Suphanat Mueanta

 

(Rie)

Tags : ThailandTimnas Indonesia U-22