close
PENDIDIKAN

KH Unais Ali Hisyam Momentum HGN Mengungkapkan Keprihatinannya Terhadap Kondisi Guru di Kabupaten Sumenep

IMG_20191125_151507

SUMENEP, Kompasmadura.com – Di momentum Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh pada tanggal 25 Nopember, KH Unais Ali Hisyam, salah seorang tokoh asal Sumenep, Jawa Timur, mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi guru, khususunya di kabupaten paling timur Madura.

Namun bakal Calon Bupati Sumenep pada Pilkada 2020 mendatang ini mengatakan, peringatan hari guru kali ini harus dijadikan momen evaluasi bersama agar ke depan kesejahteraan guru, khususnya honorer agar lebih terjamin.

“Kesejahteraan guru sangat berdampak terhadap anak didiknya. Sehingga hal itu yang akan menjadi perhatian pertama kami ketika saya suatu saat nanti menjadi pemangku kebijakan di Sumenep,” ujarnya, Senin (25/11/2019).

Mantan anggota DPR RI itu memaparkan, jika dirinya terpilih sebagai Bupati Sumenep pada Pilkada mendatang, ada tiga hal yang akan menjadi prioritas berkaitan dengan pendidikan. Pertama kesejahteraan guru, sarana pendidikan, dan kurikulum yang efektif dan efisien.

“Jika saya terpilih, maka kesejahteraan guru akan menjadi prioritas saya. Salah satunya dengan upaya menjadikan guru honorer sebagai Aparat Sipil Negara (ASN),” tegas dia.

Peningkatan sarana pendidikan juga akan digenjot agar proses belajar mengajar semakin efektif. Termasuk meningkatkan kualitas kurikulum mulai dari SD hingga SMA sederajat.

“Hal ini menjadi penting untuk terus diperhatikan, khususnya oleh pemerintah, demi pendidikan yang berkualitas,” terangnya.

Selain itu, KH Unais Ali Hisyam menjelaskan bahwa guru yang bertugas di kepulauan juga akan diprioritaskan. Mereka akan diberikan reword sebagai bentuk apresiasi pengabdiannya.

“Karena saya melihat honor untuk guru honorer saat ini tidak manusiawi. Sehingga guru tidak lagi menjadi pekerjaan yang ringan. Karena selain bertugas mencerdaskan anak bangsa, mereka juga harus bekerja untuk mencukupi kebutuhannya. Maka dari itu guru-guru honorer harus berstatus pegawai negeri, itu jelas tugas pemerintah” pungkasnya.(Adi/Nin)

Tags : HGNKH Unais