close
PAMEKASAN

Dinas Pertanian Pamekasan Berikan Cultivator Kepada Kelompok Tani

IMG_20191102_093000
Pemberian bantuan alat Cultivator dari Dinas Pertanian Kabupaten Pamekasan kepada Kelompok Tani Sumber Dingin, Kecamatan Waru.

PAMEKASAN, Kompasmadura.com – Dinas Pertanian Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa timur, memberikan bantuan alat Cultivator kepada kelompok tani.

Salah satu penerima alat tersebut, Kelompok Tani Sumber Dingin dari Kecamatan Waru, Pamekasan. Diberikannya alat itu, untuk bisa memanfaatkan dengan baik serta bisa meringankan beban para petani dari segi pembiayayaan dalam bercocok tanam.

Mengingat saat ini, para petani setiap musimnya, harus mengeluarkan modal yang cukup banyak untuk bercocok tanam atau berkebun. Cultivator itu dari segi bentuk hampir sama dengan Hand traktor, hanya saja ukurannya lebih kecil dan minimalis serta lebih efisien jika dibawa ke sawah dan kebun.

Program pemberian alat Cultivator ini merupakan Program Kunjungan Kerja Kementerian Pertanian di Pamekasan. Cultivator yang di bagikan kepada kelompok tani tersebut hanya ada 10 sepuluh buah dan masing-masing kelompok tani hanya mendapatkan satu Cultivator.

Kepala Dinas Pertanian, Melalui Kasi Pupuk, Alat dan Mesin Pertanian, R. Dedy Dwiyudhabakti menyampaikan, diberikannya bantuan alat Cultivator ini, dapat meringankan beban dan bisa membeeikan dampak positif bagi Petani holtikultura, terutama dalam mendapatkan keuntungan. karena, saat ini petani dalam menggarap lahan untuk berkebun membutuhkan modal yang cukup mahal.

“kelompok tani yang mendapatkan cultivator tersebut merupakan mereka yang telah¬† mengajukan proposal pada tahun 2018 kemaren, sehingga yang mereka ajukan baru teralisasi di tahun 2019,” ungkap R. Dedy Dwiyudhabakti. Sabtu (02/11/2019).

Namun adanya alat ini, nantinya dapat dijadikan instrumen bagi para petani untuk menggeser dan mengubah metode pengelolaan lahan petani untuk berkebun yang semula tradisional yakni menggunakan sapi menjadi metode yang modern.

Disisi lain, salah satu penerima Bantuan Cultivator, Bunadin, dari Kelompok Tani Sumber Dingin, dirinya mengaku sangat senang, atas terealisasinya bantuan alat Cultivator ini, menurutnya alat tersebut sangat cocok untuk daerah dataran tinggi, seprti di Kecamatan Waru.

“Cultivator ini sangat cocok di daerah saya, mengingat daerah waru merupakan dataran tinggi, alat ini mudah untuk dibawa kemana-mana, kalau pakek Hand Traktor terlalu besar dan sulit untuk menjangkau lahan tertentu,” tutur Punadin, dengan raut wajah gembira.

Pihaknya menambahkan, adanya Cultivator ini para petani di daerahnya lebih semangat dan tidak resah akan modal yang mahal, yang menjadi beban bagi para petani untuk menggarap Lahan,

“Nantinya untuk penggunaan cultivator sendiri akan dilakukan secara bergantian oleh para petani,” pungkasnya. (Rzq/Nin)

Tags : Dinas Pertanian