close
PAMEKASAN

Dua Ketupat Raksasa Jadi keunikan di Wisata Pantai Talang Siring Pamekasan

IMG_20190613_100037
Kabid Pariwisata Disparbud Pamekasan dan PJ Sekdakab saat memegang ketupat raksasa.

PAMEKASAN, Kompasmadura.com – Perayaan lebaran ketupat pada H+7 dari hari raya idul fitri 1440 H tahun ini, wisata Pantai Talang Siring di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, ada yang unik, yaitu adanya dua ketupat raksasa yang menjadi penarik wisatawan, selanjutnya ketupat raksasa tersebut hanya ada di wisata pantai talang siring dalam acara Festival ketupat 2019 yang menjadi keunikan dan penarik para pengunjung di wisata pantai talang siring. kamis (13/06/2019)

Menurut Kabid Pariwisata Disparbud Pamekasan, adanya Festival ketupat raksasa kali ini, selain untuk menarik minat para wisatawan, juga untuk melestarikan lebaran ketupat yang ada di Madura khususnya Kabupaten Pamekasan.

“Pantai Talang Siring yang merupakan destinasi pariwisata Pamekasan yang sedang kita kembangkan dan juga agar para pengrajin ketupat juga lebih kreatif dan berkreasi lebih baik lagi,” tutur Kabid Parawisata Disparbud Pamekasan, Halifaturrahman, Rabu (12/06/2019) pagi, setelah acara festival ketupat di pantai talang siring.

Sedangkan Pj Sekdakab Pamekasan, yang membuka acara tersebut mengatakan, Pantai talang siring merupakan destinasi wisata yang potensial di kabupaten Pamekasan.

“Apalagi dengan adanya hutan mangrave yang juga menambah pesona pantai yang indah ini dan yang paling penting bagaimana cara pengelolaannya yang baik dan benar. agar bisa menjaga keunikan dan keidahan patai talang siring labih baik lagi,” ungkap Andik Fadjar Tjahyono, Pj Sekdakab Pamekasan.

Selain itu juga, sebagai masyakatat Pamekasan khususnya desa montok, bagai mana bisa mencetuskan inofasi – inofasi baru untuk bisa menjadi penarik atau keunikan di pantai talang siring.

“Destinasi wisata ini yang baik adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar Talang Siring ini dan penataan para pedagang agar tetap bersih indah dan menyenangkan,” pungkasnya

Festival ketupat raksasa yang merupakan gawe Disparbud dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Montok tersebut untuk melestarikan budaya lebaran ketupat yang sudah menjadi tradisi masyarakat Pamekasan. selain itu, Festival ketupat raksasa dengan hadiah berupa piala dan uang pembinaan ini akan dijadikan agenda tahunan di kabupaten pamekasan. (Rzq/Nin)

Tags : DisparbudFestival Ketupat