close
SAMPANG

Optimalkan Layanan Kesehatan di Mandangin

IMG_20190517_162146
Plt Kepala Dinkes Sampang Agus Mulyadi.

SAMPANG, kompasmadura.com – Beberapa waktu lalu, Bupati Sampang H. Slamet Djunaidi telah meresmikan status Pustu Mandangin menjadi Pukesmas Mandangin. Hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan kesehatan dan kenyamanan kepada masyarakat di Pulau Mandengin Kecamatan/Kabupaten Sampang.

Demikianlah disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang Agus Mulyadi. Kehadiran pukesmas, sebagai upaya membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan.

Artinya, yang sebelumnya belum bisa melakukan rawat inap dan jalan, kini bisa melayani. Tentunya, sejak peralihan status konsekwensinya segala sesuatu harus menyediakan segala sesuatunya.

“Itu sudah kami lakukan dari kekurangan-kekurangannya. yang ada saat ini, bahkan dinilai cukup sambil lalu kami proses kelengkapan alkes lainnya,” katanya.

Namun kepada Kompasmadura.com, Agus menyampaikan tahun ini akan ada tambahan alkes untuk Pukesmas Mandangin. Seperti alat Inasium, Bet,¬† Tensi dan sebagainya. “Yang jelas kami dorong supaya pelayanan kesehatan lebih optimal lagi,” ujarnya.

Sementara yang sulit saat ni adalah SDM. Apalagi pemerintah tidak boleh lagi merekrut tenaga baru atau sukwan. Sehingga langkah yang dilakukan dengan cara merestribusi tenaga medis di Pukesmas lainnya.

“Baik tenaga kontrak maupun sukwan. Harapannya adalah Pukesmas Mandangin siap menjalankan¬† sesuai fungsi – fungsi sebagai Pukesmas.

“Baru ada 1 dokter disana. Yang jelas ini perlu proses,” sambungnya. [Ful/Nin]

Tags : Puskesmas