close
HUKUM

Jam Besut Dikurangi 1 Jam, Napi Ikuti Program Ramadhan

IMG_20190509_141910
Suasana kunjungan warga binaan Rutan kelas IIB Sampang di bulan Ramadhan.

SAMPANG, kompasmadura.com – Rutan kelas IIB Sampang memberlakukan perubahan jam kunjungan kepada warga binaan. Perubahan jadwal besut tersebut ada pengurangan jam kunjungan, yakni satu jam. Hal itu berdasarkan Surat Edaran (SE) dari Kakanwil Surabaya.

Sesuai informasi yang dirangkum kompasmadura.com, pada hari biasa, keluarga yang akan berkunjung ke Rutan kelas IIB Sampang mulai pukul 08.00 – 11.30 wib. Kali ini, selama bulan Ramadhan diperlakukan mulai 09.00-11.30 wib.

Bahkan keluarga warga binaan yang berkunjung per hari berjumlah 45-60 orang. Angka kunjungan itu sangat jauh dibanding jumlah pengunjung sebelum Ramadhan (hari biasa). Yakni mencapai 90 hingga 123 orang.

“Setiap harinya, keluarga warga binaan yang membesut lebih sedikit dibanding hari biasa,” kata Djamaluddin Kasubsie Pelayanan Tahanan Kelas II Sampang, Kamis (9/5/2019).

Keluarga yang akan bertemu dengan Napi hanya berlaku tiga orang. Mereka cukup  menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk bertemu dengan keluarganya. “Jika lebih dari tiga orang, bergantian,” ujarnya kepada awak media.

Ditanya seperti apa kegiatan warga binaan selama Ramadhan, Djamal menceritakan, tidak banyak perubahan dibandingkan hari biasa. Warga binaan mengikuti program yang telah disusun selama bulan penuh berkah ini.

Misalnya, menjelang buka puasa mereka mengikuti ngaji Al-Qur’an bersama. Buka puasa bersama, solat berjamaah dan tarawih. Sesudah itu, mereka melaksanakan tadarusan Al-Qur’an.

“Imam tarawehnya kami datangkan ustadz dari luar atau dari warga binaan sendiri. Kalau siang hari, mereka mengikuti pengajian Al-Qur’an (belajar tajwid) dan lainnya,” ceritanya. [ful/Nin]

Tags : Rutan Sampang