close
POLITIK

Perbaikan DA1 Belum Rampung, Rekapitulasi kembali ditunda

IMG_20190504_123826
Suasana Rekapitulasi Situng perolehan suara tingkat Kabupaten Sampang di GOR Wijaya setempat.

SAMPANG, kompasmadura.com – Sesuai prosedur, Rekapitulasi Hasil Perhitungan (Situng) Perolehan Suara tingkat Kabupaten rampung per tanggal 3 Mei 2019. Namun hingga saat ini, KPU belum menyelesaikan rekapitulasi Situng tingkat Kabupaten yang berlokasi di GOR Indoor Wijaya Sampang.

Hal itu disebabkan banyak faktor. Pertama, ketika PPK Ketapang membacakan DA1 khusus Caleg DPR RI dan DPR Provinsi ditemukan perselisihan perolehan suara.

Artinya perolehan hasil suara antara PPK Ketapang dengan saksi Parpol tidak sinkron. Akhirnya, para saksi mengajukan form keberatan untuk dilakukan penyesuaian yang direkomendasikan Bawaslu Sampang.

Bahkan hingga pukul 00.23 wib, masih belum temukan titik terang. Didampingi itu, lantaran lampu penerang GOR terjadi 5 kali padam. Akhirnya KPU memutuskan ditunda dan dilanjutkan Sabtu (4/5/2019) pukul 08.30 wib.

Namun nyatanya penyelesaian persoalan Ketapang belum clear. Hal itu dibuktikan, hingga batas waktu PPK Ketapang tidak kunjung datang ke GOR Indoor Wijaya Sampang.

KPU Sampang kembali mengscorsing hingga pukul 13.00 wib. “Ditunda lagi mas, karena PPKnya belum datang,” ujar salah satu saksi.

Sementara Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif mengakui sehingga saat ini penghitungan suara tingkat Kabupaten ada hal yang belum rampung dan dilakukan penyesuaian. Jika telah disesuaikan, maka dilanjutkan penetapan perolehan suara tingkat Kabupaten pada form DB1.

Pihaknya juga menjelaskan persoalannya terjadi perbedaan pendapat antara DA1 milik PPK  Ketapang dengan milik para saksi. Dengan adanya temuan itu, Bawaslu memberikan saran perbaikan pembetulan yang sepenuhnya diserahkan kepada KPU Sampang.

“Hingga saat ini, temen-temen PPK Ketapang masih lakukan perbaikan atau pembetulan,” katanya. [ful/Nin]

Tags : KPUPPK