close
SUMENEP

Gelar Apel Tahap Pemungutan Dan Penghitungan Suara Pemilu 2019, Ini Pesan Kapolres Sumenep

IMG_20190412_170827
Kapolres Sumenep Bersama Dandim 0827 Sumenep Gelar Apel Jelang Pemilu 2019

SUMENEP, Kompasmadura.com – Polisi Resort (Polres) Sumenep, Madura, Jawa Timur, gelar Apel Pergeseran Petugas dalam rangka pengamanan tahap pemungutan dan penghitung suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Acara tersebut digelar di Mapolres Sumenep Jl. Urip sumoharjo no. 35, Desa Pabian, Kecamatan Kota, kabupaten setempat. Jumat, (12/4/2019).

Dalam agendanya hari ini, Apel pergeseran petugas tersebut dipimpin langsung Kepala Polres (Kapolres) Sumenep, AKBP Muslimin SIK, serta turut di hadiri Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Achmad Fauzi S.H, Komandan Kodim (Dandim) Sumenep 0827, Letkol Inf Ato sudiatna, Wakapolres Sumenep Kompol Sutarno S.Sos, Kepala kejaksaan Negeri Sumenep, yang diwakili oleh Kasi Intel, Novan Bernadi S.H. Bakesbangpol, yang diwakili Nawawi. Kasatpol PP, yang diwakili, Fajar Santoso, Kepala Bidang (Kabid) Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat (Tratibbumlinmas).

Menurut Kapolres Sumenep AKBP Muslimin SIK, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Pemilu serentak tahun 2019 merupakan pesta demokrasi indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah, karena dilaksanakan secara serentak yakni lima jenis pemilih dalam waktu yang bersamaan.

“Pemilu serentak kali ini akan menjadi warisan kebanggaan,sekaligus menjadi sorotan dunia internasional, apakah bangsa indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demikratif dan berintegritas dalam rangka memilih pemimpin nasional,” ucapnya. Jumat (12/04)

Sukses atau tidaknya, lebih lanjut Muslimin, sapaan akrabnya, perhelatan demokrasi ini sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Tidak saja anggota partai politik dan masyarakat yang di tuntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang ada.

“Pihak penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang obyektif dan transparan, tidak ketinggalan tentunya fungsi dan peran TNI–Polri yang berada di luar lingkup penyelenggara pemilu. Akan tetapi sangat menentukan suksesnya pemilu yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Muslimin juga menambahkan, Apel kesiapan pergeseran pasukan pengamanan pungut dan hitung suara pemilu tahun 2019 diwilayah kabupaten Sumenep, baik di daratan maupun kepulauan dengan jumlah TPS sebanyak 4.319 TPS.

“Hal ini kita laksanakan semata mata menunjukkan bahwa, Negara yang didukung oleh rakyatnya harus serius dan bertanggung jawab, pagelaran demokrasi bisa berjalan dengan baik tanpa ada hambatan,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, untuk mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi di Pemilu 2019 nanti, sinergitas aparat keamanan khusunya TNI-Polri sangat diharapkan untuk menetralisir dan menjaga kondusifitas wilayah. [Hend/Nin]

Tags : KodimPemiluPolres/Sumenep