close
POLITIK

Capres 01 Jokowi: KIP Kuliah Bisa Digunakan Hingga Kuliah ke Luar Negeri

IMG_20190403_142039

NGAWI, Kompasmadura.com – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) setelah kampanye di Palembang, Sumatera Selatan langsung menuju ke Ngawi, Jawa Timur. Saat kampanye di Ngawi, Jokowi mengatakan baru 27 persen rakyat yang tahu dirinya akan menerbitkan tiga kartu baru, yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Prakerja, dan Kartu Sembako. Ketiga kartu ini akan dimulai tahun depan.

“Nanti mulai keluar tahun depan. Ini program capres jadi masih keluarnya tahun depan. Saya ingin sampaikan kartu terlebih dahulu dari survey yang tahu kartu ini baru 27 persen,” kata Jokowi di GOR Bung Hatta, Jalan Ir Soekarno, Kelurahan Klitik, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur, Selasa 2 April 2019.

“”Berarti ini perlu dikenalkan. Tolong bapak, ibu dikenalkan oleh masyarakat,” ucap Jokowi.

KIP Kuliah adalah kartu khusus anak SMA atau SMK yang akan meneruskan ke jenjang universitas namun tak ada biaya.

“Kartu ini nanti diberikan ke lulusan SMA dan SMK yang ingin lanjut perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri nanti akan dibayar dengan KIP kuliah,” lanjut dia.

Capres petahana ini menjelaskan fungsi KIP kuliah itu untuk mendapatkan beasiswa. Meski saat ini ada beasiswa tapi jumlahnya kecil.

“Nanti dengan kartu ini akan dicetak sarjana sebanyak-banyaknya. Kita akan geser ke pengembangan SDM,” ucap Jokowi.

Jokowi yakin Indonesia bisa mencetak sarjana sebanyak-banyaknya. Karena Indonesia ke depan akan berkompetisi dengan negara lain.

“Kalau anak-anak kita semua bisa kuliah, pintar-pintar, sehat-sehat kita akan menangkan kompetisi dengan negara lain,” paparnya. (Tim01/red)

Tags : Capres 01Kampanye