close
SUMENEP

Dinkes Sumenep Terus Tingkatkan Pelayanan Masyarakat Dengan Sarana Dan Prasana Puskesmas

IMG_20190326_225557
Foto : Dok. Humas Pemkab

SUMENEP, Kompasmadura.com – Melalui Dinas Kesehatan sejak tahun 2018 dalam membangun sarana dan prasarana kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus berupaya meningkatkan pelayanan Puskesmas itu sendiri. Selasa (26/03/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, dr. A. Fathoni mengungkapkan, dana pembangunan sarana dan prasarana tahun 2018 dan tahun 2019 berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Pihaknya memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana Puskesmas untuk meningkatkan bangunan ruang rawat inap yang keberadaannya belum optimal.

“Pembangunan sarana dan prasarana Puskesmas tahun 2019 diantaranya Puskesmas Moncek, Leggung, Talango, Batuputih, dan Puskesmas Manding. Target pelaksanaan secepatnya, sebab untuk proses lelang sudah masuk di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE),” ungkapnya.

Sementara, Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si pada Peresmian Gedung Rawat Inap Puskesmas Pasongsongan, Guluk-guluk, dan Rubaru tahun anggaran 2018 yang dipusatkan di Puskesmas Pasongsongan menjelaskan, bahwa anggaran pembangunan tersebut mencapai Rp. 6,2 Miliar.

“Kami pada tahun 2018 telah membangun sarana dan prasarana kesehatan di tujuh titik, dengan anggaran mencapai Rp 6,2 miliar, diantaranya tiga Gedung Rawat Inap di Puskesmas Rubaru, Pasongsongan, dan Guluk-guluk yang anggarannya sekitar Rp 5 miliar,” jelasnya.

Ia juga menyatakan, Pemerintah Daerah pada tahun 2019 ini juga memprogramkan pembangunan sarana dan prasarana Puskesmas lainnya, bahkan anggaran dananya lebih besar dari tahun 2018.

“Untuk tahun ini pembangunannya ada dua belas titik sarana dan prasarana di beberapa Puskesmas di Kabupaten Sumenep, dengan anggaran dana mencapai Rp10,1 miliar yang tujuannya rata-rata untuk rehab rawat inap,” ungkap suami Nurfitriana ini.

Bupati berharap, masyarakat hendaknya memanfaatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas, sebab pihaknya meningkatkan pembangunan Puskesmas ini dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Sebanyak tiga puluh Puskesmas di Kabupaten Sumenep telah melakukan pelayanan rawat inap untuk masyarakat yang memerlukan perawatan rawat inap, dan jauh dari pusat rujukan ke Rumah Sakit Daerah,” tutur Bupati dua periode ini.

Usai meresmikan Puskesmas, Bupati mengunjungi sejumlah pasien yang sedang mendapatkan perawatan rawat inap di Puskesmas Pasongsongan didampingi pimpinan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep. [Hend/Nin]

Tags : Dinkes#SumenepPeresmian Puskesmas