close
PAMEKASAN

Mempercepat Pelayanan, Bupati Launching Aplikasi “Pamekasan Smart”

IMG_20190217_122326

PAMEKASAN, Kompasmadura.com – Dalam menambah pelayanan pengaduan yang lebih cepat dan akurat untuk masyarakat, Bupati Pamekasan melakukan Launching aplikasi layanan publik berbasis android berupa ‘Pamekasan Smart’, Minggu (17/02/2019).

Namun pada acara Launching Aplikasi Pamekasan Smart tersebut dihadiri seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forkopimda setempat, Sabtu (16/02/2019) Malam, tepatnya pada pukul 19:00 wib, di Area Taman Monumen Arek Lancor, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Bupati Pamekasan, H. Baddrut Tamam dalam sambutannya menyampaikan, Adapun Menu pelayanan dalam Aplikasi Pamekasan Smart, diantaranya menu E – Lorong dan E – Madul.

“Kenapa kita membuat e – lorong karena banyak masyarakat yang mengadu langsung kepada saya, sering ngirim surat kalau ada beberapa jalan rusak. Dengan adanya program e – lorang cukup foto baru dikirim ke pamekasan smart baru dinas terkait bergerak cepat untuk memperbaiki jalan yang harus diperbaiki oleh pemerintah. Sedangkan e – madul adalah pelayanan yang sekirany cepat dalam permasalah sektor lain yang barusan dikatakan pak kadis ada pohon tumbang dan lampu jalan mati, termasuk pelayanan kesehatan,” ungkapnya.

Labih lanjut, Adapun 12 fitur yang disediakan di aplikasi layanan publik berbasis android ‘Pamekasan Smart’, ini. Masing – masing layanan kesehatan, pendidikan, fasilitas umum, layanan umum, pemerintahan, wisata, penginapan dan restouran.

“Tentu pelayan publik ini akan terus kita tingkatkan dan terus kita “upgrade” agar terus lebih maju dan labih baik lagi,” tuturnya.

Sementar itu, Kepala Dinas Komonikasi dan Informasi (KOMINFO) Pamekasan, M Bahrun mengatakan, pelayanan publik ‘Pamekasan Smart’ini, sebagai bentuk implementasi dari amanat Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan peraturan Bupati (Perbup) Pamekasan nomor 18 tahun 2018, tentang pengembangan e – government (E-Gov) di lingkungan Pemkab Pamekasan.

“Aplikasi ini merupakan bentuk inovasi terbaru yang berbasis teknologi android yang biasa tersambung secara langsung informasi pengaduan masayarakat kepada masing – masing intansi terkait atau OPD,” pungkasnya.

Pihaknya juga menjelaskan cara mengunduh aplikasi pelayanan publik itu di “Google Play Store” dengan mengetik di pencarian ‘Pamekasan Smart’,setelah itu unduh dan buka didalamnya sudah ada beberapa pilihan pelayan yang dibutuhkan masyarakat yang sudah tersambungka ke instansi terkait.

“Semoga aplikasi pamekasan smart ini bisa berguna dan bermanfaat bagi masyarakat pamekasan, agar kedepannya kabupaten pamekasan lebih baju dan hebat,” tandasnya. [Riski/Nin]

Tags : Bupati Pamekasan