close
HUKUM

Ini Alasan Narapida Kabur Dari Rutan Kelas II B Sumenep

IMG_20190204_153051
Riyanto salah seorang tahanan yang melarikan diri dan telah kembali ke Rutan Klas II B Sumenep. Foto : Hend/kompasmadura.com

SUMENEP, Kompasmadura.com – Sebanyak tiga narapidana penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melarikan diri. Saat ini, seorang diantaranya sudah berada di Rutan Klas IIB Sumenep. Senin (04/02/2019).

Narapidana yang telah kembali itu atas nama Riyanto (16), kasus pencurian, warga Kecamatan Batuputih. Dia kembali ke Rutan diantarkan oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Ambubten.

Berdasarkan pengakuannya, Riyanto nekat melarikan diri karena kangen sama istrinya. Sebab, meski usia Riyanto masih 16 tahun, istrinya telah hamil sembilan bulan. “Karena kangen sama istri, soalnya masih hamil sembilan bulan,” kata Riyanto saat ditemui di Rutan Klas II B Sumenep.

Sebenarnya, Riyanto tidak ada niatan untuk melarikan diri. Namun, melihat dua temanya melarikan diri maka dia langsung ikut melompat pagar untuk kabur dari gedung penyesalan itu. “Tidak ada niatan kabur, setelah kami lihat yang dua kabur secara spontan saya ikut,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Rutan Klas II B Sumenep Beni Hidayat membenarkan jika satu dari tiga narapidana yang kabur telah kembali.

Berdasarkan hasil interogasi, Riyanto kabur karena kangen sama istrinya. “Riyanto ini, motivasinya kepikiran istri yang sedang hamil sembilan bulan,” jelasnya.

Riyanto saat ini telah divonis oleh Majelis Hakim atas kasus pencurian, namun salinan putusannya belum diterima oleh pihak rutan.

Setelah melarikan diri dari Rutan, Riyanto pulang ke rumah orangtuanya di Batuputih, setelah itu pergi ke rumah isterinya di Desa Keles, Kecamatan Ambubten. “Setelah dibujuk orang tuanya dia mau menyerahkan diri kembali,” jelasnya.

Tiga tahanan yang melarikan diri itu diantaranya Matrawi (37), tahanan kasus penganiayaan, warga Batuputih, Hasan Basri (28), kasus narkoba, warga Kecamatan Batang-batang. Kemudian Riyanto (16), kasus pencurian, warga Kecamatan Batuputih.

Dia melarikan diri dengan cara memanjat dinding tembok masjid di rutan tersebut, lalu melewati atap dan turun area parkir dan kabur ke arah barat, diri hari.

Sedangkan dua tahanan sampai saat belum kembali dan masih dilakukan pengejaran. Saat ini telah dibentuk tim bersama pihak Kepolisian untuk melakukan pencarian dan pengejaran terhadap dua tahanan itu. [Hend/Nin]

Tags : Rutan II B Sumenep