close
BANGKALAN

Pemkab Bangkalan Tahun 2019 Targetkan Retribusi Pasar Sebesar Rp 4,7 Miliar

IMG_20190202_030726

BANGKALAN, Kompasmadura.com – Pemkab Bangkalan menargetkan retribusi dari sebanyak 29 pasar yang ada di 18 kecamatan sebesar Rp 4,79 miliar pada tahun 2019. Bahkan angka tersebut tidak berubah sejak dua tahun terakhir.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bangkalan Muhlis Asuryani mengungkapkan, Salah satu faktor yang mempengaruhi yakni keberadaan Pasar Galis hingga saat ini, bangunan pasar itu belum diserahkan kepada Pemkab Bangkalan oleh Pemerintah Pusat.

“Karena belum diserahkan ke pemkab, Maka belum bisa ditarik retribusi,” ungkapnya, Jumat (01/02/2019).

Muhlis menjelaskan, Sementara faktor lain yang menyebabkan stagnannya target retribusi yakni perubahan sosial, ekonomi masyarakat petani. Program pertanian dengan menggerojok mesin hand tractor mempengaruhi terhadap jual beli sapi di pasar hewan. Seperti di Pasar Tanah Merah dan Pasar Blega.

“Upaya menaikkan target retribusi pasti akan berimbas kepada besaran retribusi yang ditarik dari pedagang. Ya jelas imbasnya kepada masyarakat. Sedangkan daya beli menurun,” Ungkapnya

Sedangkan pihak eksekutif harus segera menentukan langkah untuk mengatasi mandegnya level target retribusi pasar.

“Dalam setiap shearing kami selalu sampaikan soal pemetaan potensi pasar baru,” tegasnya.

Dijelaskan, pemetaan potensi pasar baru itu akan menjadi acuan Pemkab Bangkalan. Sehingga dalam menaikkan target retribusi tidak sebatas berspekulasi.

“Bahkan kami menerima informasi bahwa data potensi pasar yang dipakai sudah 15 tahun tidak berubah sampai sekarang,” katanya

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kabupaten Bangkalan Sutanto menyatakan, lembaganya terbentur dengan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010 tentang Retribusi Jasa Umum.

“Yang dikecualikan dari objek retribusi adalah milik Pemerintah Pusat, BUMN, dan swasta. Pasar Galis adalah proyek pusat. Jadi retribusi di Pasar Galis hingga saat ini masih nol,” Ungkapnya

Selain itu guna menutup realisasi target retribusi selama ini dengan cara meningkatkan pengutan retribusi di 29 pasar yang ada di Kabupaten Bangkalan.

“Realisasi target retribusi di tahun 2018 mencapai 100,93 persen. Rencananya, tahun 2020 mulai ada kenaikan,” ujarnya. [Bk/Nin]

Tags : Retribusi