close
KEPULAUAN

Rumah Sakit Umum Arjasa Dinkes siapkan 75 Tenaga Medis

IMG_20181122_214134

SUMENEP, Kompasmadura.com – Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah kepulauan. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sangat serius dalam menyikapi rencana pembangunan Rumah Sakit Umum di Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean.

Meskipun pembangunan RSU tersebut belum rampung sepenuhnya, namun pihak Dinkes Sumenep telah menyiapkan sedikitnya 75 petugas medis, untuk ditempatkan di Rumah Sakit Umum tersebut. Selasa, 20 November 2018.

Pihak Dinkes juga akan merencanakan rekruitmen petugas medis yang akan ditempatkan di RSU Arjasa. “Rekrutmen tenaga kesehatan itu dalam rangka persiapan rumah sakit kepulauan. sebab jika menunggu selesainya pembangunan fisik Pemerintah Pusat keberatan karena tenaga yang dibutuhkan cukup banyak,” terang Fatoni.

“Hasil seleksi nantinya akan dititipkan di sejumlah Puskesmas hingga Rumah Sakit Kepulauan saat beroperasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, dr. A. Fatoni.

Pemkab Sumenep telah mendapat alokasi formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018, yakni 75 tenaga kesehatan untuk ditempatkan di Rumah Sakit Arjasa.

Rumah sakit tersebut ditargetkan mulai beroperasi 2021 nanti. Anggaran yang disediakan tahuan 2018 sebesar Rp4,5 mikiar untuk pembangunan ruang Unit Gawat Darurat (UGD), laboratorium dan Rawat Jalan.

Oleh karena itu, secara bertahap kebutuhan tenaga itu disiapkan. Hanya saja untuk sementara hasil seleksi pengangkatan CPNS tahun ini akan dititipkan di Puskesmas. Tetapi SK pengangkatannya tetap di Rumah Sakit Arjasa.

Pihaknya menegaskan, Pengangkatan tenaga medis Rumah Sakit Arjasa umumnya perawat kesehatan DIII, termasuk dokter. Untuk dokter spesialis masih belum ada formasinya.

“Untuk dokter kami akan memanfaatkan dokter yang direkomendasi bupati ke sejumlah perguruan tinggi yang mendapat beasiswa melanjutkan pendidikan sebagai dokter spesialis,” pungkasnya.[Nuri/Nin]

Tags : Kadis DinkesRSU