close
SUMENEP

Menjelang Kedatangan RI 1, 500 Penari Muang Sangkal Latihan Depan Mesjid Jamik

IMG_20181026_164329

SUMENEP, Kompasmadura.com – Menjelang kedatangan presiden RI , Jokowi Widodo ke kabupaten sumenep dalam perayaan Festival Keraton Masyarakat Adat (FKMA) ASEAN ke-V, para penari muang sangkal telah mempersiapkan dan sudah melakukan latihan di tempat penyambutan orang nomor satu di indonesia ini, salah satu penari mengaku merasa bangga bisa menyambut dan mempersembahkan tarian tradisional sumenep kepada presiden RI. Jumat (26/10/2017).
“Saya bangga bisa terpilih menjadi salah satu penari muang sangkal dalam penyambutan presiden sekaligus juga tidak menyangka saya akan tampil di festival keraton masyarakat adat ini”.ujar firda

Walaupun harus berpanas-panas para penari muang sangkal terus semangat sebab yang mereka sambut merupakan orang paling berpengaruh di indonesia ini, dan mengenalkan tari muang sangkal terhadap peserta FKMA ASEAN ke -V merupakan salah satu momentum langka yang di miliki oleh para pegiat kesenian tradisional khususnya tari muang sangkal.
“Bahkan ini merupakan momen langka yang dimiliki kami jadi kami harus semangat dan akan mempersembahkan yang terbaik untuk sumenep dalam perayaan FKMA ASEAN ke –V” tutur firda di sela sela latihan tari muang sangkal di depan masjid jamik sumenep.

Meski bayak kesulitan dalam latihan tari muang sangkal, karena menggabungkan 500 orang penari namun para penari optimis bahwa Sabtu 28 oktober 2018 dalam penyambutan presiden mereka telah siap dan bisa mempersebahkan totonan yang menarik dan tidak mengecewakan. [Sen/Nin]

Tags : FKMA Asean ke V