close
SUMENEP

Ini Alasan KPU Sumenep, Lakukan Verifikasi Ulang DPT

IMG_20181018_141040

SUMENEP, Kompasmadura.com – Mendekati Pemilihan Umum 2019 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep terus melakukan verifikasi ulang terhadap Daftar Pemilihan Tetap (DPT) untuk menghindari data pemilih ganda.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua KPU Sumenep A Warits, bahwa sejauh ini menemukan adanya perubahan Data Pemilih Tetap di beberapa desa di kabupaten Sumenep.

“Memang ada, Misalnya perubahan identitas kependudukan yang awalnya tidak menikah akhirnya menikah dan ada yang meninggal” Tutur A Warits saat di hubungi via hanphone pribadinya, Kamis (18/01/2018).

Pihaknya juga menambahkan, sejauh ini yang terverifikasi di beberapa desa yang mengalami penambahan dan berkurang masih di temukan 5 sampai 10 orang dengan berbagai faktor yakni, pindah domisili karena menikah dan meninggal. Namun sampai hari ini pihaknya masih terus melakukan verifikasi tersebut.

“Sementara ada di beberapa desa, Ada 5 sampai 10 (DPT) yang di temukan” ungkapnya.

Alasan mengapa harus tetap di lakukan verifikasi secara menerus, ia menjelaskan bahwa penduduk sangat dinasmis mulai pergantian status dari lajang sampai menikah dan angka kematian.

“Sedangkan yang meninggal saja, misalya di Kalianget itu satu desa ada yang 5 orang (meninggal)”. Imbuhnya.

Disinggung soal berapa jumlah data yang sudah dihimpun, Pihaknya menjelaskan masih akan merekap perubahan DPT tersebut secara keseluruhan nantinya.

“Sampai saat ini belum di rekap, kami akan merekapnya nanti” Jelasnya.

“Soal data ganda kami tidak temukan, karena sudah di bersihkan sebelumnya” Tukasnya. [Sen/Nin]

Tags : KPU