close
SAMPANG

Disperta Sampang Gelar Lomba Produk Unggula Usaha Agribisnis

IMG_20170823_180752
Bupati Sampang Fadhilah Budiono dan Kepala Disperta Hary Soeyanto melepas balon sebagai tanda digelar lomba produk unggulan usaha agribisnis 2017.

SAMPANG, Kompasmadura.com – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 72, Dinas Pertanian Kabupaten Sampang menggelar Kontes Produk Unggulan Usaha Agribisnis 14 Balai Penyuluhan Petani (BPP)  yang dilaksanakan di halaman sekretariat Koni setempat, Rabu (2378/2017). Dengan Tma “Tingkatkan Kemampuan Kelompok Tani dan Kesejahteraan Petani Kabupaten Sampang”  diharapkan produk unggulan usaha agribisnis pertanian lokal dapat lebih dikenal disektor pertanian.

Namun acara tersebut berlangsung pukul 10.14 wib,  turut hadir dalam acara  Bupati Sampang, Sekda, Forkopimda beserta Kepala Dinas Pertanian dan beberapa perwakilan Pimpiman Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sampang.

Dari 14 BPP dan mengandeng dua kelompok tani sebagai peserta harus menyiapkan produk – produk yang paling di unggulkan. Setiap stand, mendapat penilaian tersendiri dari tim juri untuk menentukan para jawaranya.

Bupati Sampang Fadhilah Budiono mengapresiasi kegiatan baru terselenggarakan tersebut. Orang nomor satu di Sampang mendukung penuh terhadap langkah yang dilakukan oleh dinas pertanian (Disperta) setempat.

Kata dia,  hasil kebun petani tidak panen jual dan terus taman kemudian menjualnya. Namun,  dikelola secara maksimal menjadi produk usaha yang akhirnya menunjang kesejahteraan petani.

Sehingga,  akan tercipta petani yang mandiri tidak mengantungkan kepada daerah.  Untuk itu,  pihak-pihak terkait mendorong dan memanfaatkan produk pertanian.

“Kegiatan ini, sebagai salah satu upaya dalam memfasilitasi pemasaran produk mereka, ” katanya dalam sambutannya.

Ditempat yang sama,  Kepala Dinas Pertanian Sampang Hary Soeyanto mengatakan, setiap BPP memikili usaha unggulan.  Pada kesempatan HUT RI ke-72 ini Disperta melombakan produk usaha agribisnis masing masing BPP.

Sisi lain kata Hary,  untuk menyampaikan informasi hasil pembinaan kepada kelompok tani yang nantinya juga mengajak pimpinan OPD dan para pengusaha untuk ikut mendukung serta mensukseskan produk dari kelompok tani di daerahnya.

“Tidak berhenti dilombakan,  tapi nantinya akan bekerjasama dengan SKPD terkait, ” katanya kepada awak media.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : Syaiful

Editor   : Nindy

Tags : Disperta