close
BANGKALAN

Bupati Minta Unit Saber Pungli Langsung Action. 

IMG_20170208_230133

BANGKALAN, Kompasmadura.com –  Akhirnya team Unit Satuan Tugas Sapu bersih Pungutan liar (satgas saber pungli) Kabuapaten Bangkalan diresmikan oleh Bupati RK. Moh Makmun Ibnu Fuad, 40 anggota Gabungan yang meliputi dari lembaga Polri, kodim, dan korp adhyaksa serta akademisi sudah resmi bisa menjalankan tugasnya untuk menindak para oknum yang membuat resah masyarakat selama ini.

Pelantikan tersebut sebagaimana bentuk implementasi dari perpres 87/2016 tentang Satgas saber pungli yang telah diharapkan oleh presiden Jokowi. Namun Ra Momon, dalam sambutannya meminta kepada seluruh anggota unit saber pungli agar langsung melakukan action, sebab bagi dirinya kondisi Pungli di berbagai daerah  telah lama membuat masyarakat resah dan risih.

“Jika adanya alam Pungutan liar yang sering dimanfaatkan oleh oknum, jika terlalu lama di biarkan, maka dipastikan akan menjadi budaya yang buruk, dan jelas merugikan Masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang baik,” ungkapnya.

Sehingga bagi Ra Momon (sapaan Akrabny), menekankan kepada seluruh 40 anggota tersebut agar memiliki komitmen yang tinggi dalam memerantas hal tersebut, “ini harus segera ditindak lanjuti dan harus segera ada Action, karena bukan besar kecilnya nominal dari pungli itu, akan tetapi citra birokrasipun akan tercoreng, akibat pelayanan yang diberikan tidak baik,” paparnya.

Pihaknya, menegaskan pula, bahwa dengan adanya unit saber pungli bisa memberikan efek positif, sehingga keresahan masyarakat mampu terurai secara perlahan.

“Namun yang paling terpenting, dengan berbekal analisa dari badan intelejen yang ada unit, bisa memberikan pencegahan yang massif, sehingga tidak ada yang menjadi korban.” Tandasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Unit Saber Pungli, Kompol Imam Pauji, mengaku dari permintaan kepala daerah tersebut masih hendak menyusun rencana kerja dengan anggotanya, agar bisa memetakan dalam mempermudah kinerjanya.

“Kami akan segera menindak lanjuti mas, karena struktur organisasi sudah terbnetuk, maka berdasarkan team-team dan kelompok kerja (Pokja) yang tertera akan menyusun rencana taunan terlebih dahulu,” ucapnnya

Setelah perencanaan sudah disusun, kata Pauji, dirinya berjanji akan langsung tancap Gas dalam menjalankan tugasnya.

Akan tetapi Wakil Kapolres tersebut, ketika Disoal oleh awak media terkait maraknya pungli di rutan, ?  dirinya tidak bisa memastikan apakah ada dinas atau lembaga yang menjadi atensi khusus dalam tugasnya. Justru pihaknya mengaku masih hendak melakukan langkah sosialisasi kepada setiap dinas.

“Kami akan melakukan pencegahan dulu mas, yang jelas kami[MA/Put]

Tags : Bupati